Jawa

Bupati Klaten Tinjau 5 Titik Tanggul yang Jebol Akibat Hujan Lebat

Hujan lebat mengakibatkan lima titik tanggul Sungai Gamping dan Pandakan di Kecamatan Cawas, Klaten jebol.

Bupati Klaten Tinjau 5 Titik Tanggul yang Jebol Akibat Hujan Lebat
Dokumentasi Pemkab Klaten
Bupati Sri Mulyani saat mengunjungi lokasi banjir di Karangasem, Kamis (27/12/2019). Dilaporkan lima titik tanggul jebol akibat hujan deras dan banjir yang melanda wilayah Kabupaten Klaten. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Hujan lebat hampir yang terjadi hampir setiap dalam sepekan belakangan ini, mengakibatkan lima titik tanggul Sungai Gamping dan Pandakan di Kecamatan Cawas, Klaten jebol.

Tanaman padi yang baru berusia 21 hari terpaksa terendam banjir hampir seluas 51 hektar.

Desa terdampak banjir meliputi desa Pilangsari, Padangan, Burikan dan Karangasem.

Mengatasi dampak banjir, warga sekitar dibantu relawan, TNI, Polri dan dihadiri Bupati Klaten Sri Mulyani berikut Forkompinda bergotong-royong memasang karung pasir untuk mengatasi dampak kerusakan.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

“Tanah di sini tergolong labil. Diindikasikan juga banyak lubang tikus di area tanggul yang mengakibatkan tanggul menjadi rapuh. Hujan lebat dan debit air yang meningkat ditambah kondisi tanah yang rapuh meyebabkan tanggul jebol. Terima kasih kepada warga relawan, TNI, polri yang cekatan bergotong-royong memperbaiki tanggul yang rusak” jelas Bupati Sri Mulyani saat mengunjungi lokasi banjir di Karangasem pada Kamis (27/12/2019).

Camat Cawas Sofian mengatakan titik terparah akibat banjir dan tanggul jebol adalah persawahan di Desa Karangasem.

“Sawah di Desa Karangasem paling lama terendam. Posisi yang lebih rendah menyebabkan air surut lebih lama. Berbeda dengan sawah di Desa Padangan yang posisinya lebih tinggi. Sore itu juga warga langsung menyingkirkan batang-batang pohon yang hanyut dan merintangi arus sungai. Bantuan karung pasir dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawasn Solo, BPBD Klaten, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah cepat turun dengan mengirimkan bantuan berupa karung pasir. Alhamdulillah dalam sehari genangan air di lawan pertanian sudah surut,” jelas Sofian. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved