Breaking News:

Pengamatan Gerhana Matahari di Jogja

Jogja Astro Club Gelar Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Halaman Masjid Gedhe Kauman

Jogja Astro Club Gelar Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Halaman Masjid Gedhe Kauman

Tribun Jogja/Hasan Sakri Ghozali
Warga mengamati proses gerhana matahari dengan peralatan yang disediakan oleh Jogja Astro Club di halaman Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, Kamis (26/12/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Momentum langka Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada Kamis (26/12/2019) siang dimanfaatkan oleh Jogja Astro Club untuk menggelar pengamatan secara langsung di halaman Masjid Gede Kauman, Yogyakarta.

Dalam cara ini, pihak Jogja Astro Club menyediakan belasan kacamata khusus yang bisa digunakan untuk melihat Gerhana Matahari Cincin.

Selain kacamata khusus, Jogja Astro Club juga menyediakan dua teleskop yang bisa digunakan untuk melihat fenomena alam tersebut.

Kegiatan pengamatan Gerhana Matahari Cincin yang digelar di halaman Masjid Gedhe Kauman ini pun menarik perhatian banyak warga untuk ikut menyaksikan secara langsung.

Sejumlah warga termasuk para wisatawan pun silih berganti menggunakan kacamata dan teleskop untuk melihat secara langsung proses Gerhana Matahari Cincin.

Laporan fotografer Tribun Jogja, Hasan Sakri, kegiatan ini digelar sebagai upaya dari pihak Astro Jogja Club dalam sosialisasi keastronomian.

INFO BMKG Siaran Langsung Gerhana Matahari Cincin via bmkg.go.id Wilayah Indonesia

DOA NIAT Shalat Kusuf ( Gerhana Matahari ) Dilakukan Berjamaah dan Sendirian

Selain itu juga memberikan kesempatan bagi warga untuk melihat secara langsung gejala astronomi yang terjadi pada siang hari ini.

Rencananya, selain kegiatan pengamatan secara langsung, pihak pengurus Masjid Gedhe Kauman juga akan menggelar shalat gerhana yang akan dilaksanakan setelah salat zhuhur nanti.

Niat Shalat Kusuf

Shalat Kusuf atau Shalat Gerhana Matahari dilakukan saat Gerhana Matahari Cincin akan terjadi hari ini Kamis 26 Desember 2019 bertepatan dengan 29 Rabiul Akhir 1441H di wilayah Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved