ADVERTORIAL

Jelang Nataru, Dinkes Yogya dan Stakeholder Periksa Kesehatan Pengemudi Bus

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tersebut meliputi pemeriksaan umum, tensi, gula, alkohol, narkoba, dan mata.

Jelang Nataru, Dinkes Yogya dan Stakeholder Periksa Kesehatan Pengemudi Bus
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kesehatan bekerjasama dengan berbagai stakeholder melakukan pemeriksaan kesehatan pengemudi bus umum di Terminal Giwangan pada 19 Desember 2019 lalu.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Ambarwati Triwinahyo mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan tersebut, rata-rata pengemudi bus menderita hipertensi.

"Paling banyak hipertensi. Kemungkinan penyebabnya adalah pekerjaan mereka yang kejar jam setoran, kecapekan di jalan, kurang tidur, dan itu berlangsung dalam waktu yang lama. Hipertensi munculnya tidak mendadak melainkan sudah berlangsung sejak lama namun tidak tertangani," bebernya.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Ambar menjelaskan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tersebut meliputi pemeriksaan umum, tensi, gula, alkohol, narkoba, dan mata.

"Tujuannya untuk keamanan pengemudi dan penumpang, sehingga mereka aman dan tidak ada faktor risiko. Ketika semua penumpang sehat, maka nanti aman saat membawa kendaraan. Apalagi kalau masa seperti ini, mengemudi jauh lebih lama," ucapnya.

Ia menambahkan bahwa terdapat posko kesehatan di Terminal Giwangan serta ada tim kesehatan yang menentukan apakah pengemudi layak atau tidak atau layak dengan catatan misal bagi yang terdeteksi hipertensi dan gula tinggi.

"Kita beri obat sesaat, lalu setelahnya mereka harus kontrol rutin ke Puskesmas," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved