Nasional

Menparekraf: Kualitas Ekonomi Kreatif di Borobudur Perlu Lebih Ditingkatkan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, mengatakan kualitas ekonomi kreatif di kawasan Borobudur sudah bagus.

Menparekraf: Kualitas Ekonomi Kreatif di Borobudur Perlu Lebih Ditingkatkan
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, bersama Wakil Menteri, Angela Tanoesoedibjo, melihat produk kerajinan dan ekonomi kreatif di Omah Mbudur, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (20/12/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, mengatakan kualitas ekonomi kreatif di kawasan Borobudur sudah bagus.

Meski sudah bagus, perlu ditingkatkan lagi menjadi lebih baik lagi ke depan.

Kemenparekraf akan membantu pengemasan, pemasaran, branding dan promosinya agar kualitasnya dapat meningkat.

"Kualitas (ekonomi kreatif yang ada di kawasan Borobudur) sudah bagus, tetapi kalau bisa yang sudah bagus ini, kita tingkatkan lagi menjadi lebih bagus. Itu tugas kami (Kemenparekraf) untuk membantu mengemasnya, menjualnya secara online, memberikan branding dan mempromisikannya," kata Wishnutama kepada wartawan, Jumat (20/12/2019) di sela kunjungannya di Omah Mbudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Kemenparekraf Siapkan Jersey Batik untuk Timnas U-19

Wisnutama menuturkan, Kegiatan pariwsata dengan kemampuan ekonomi kreatif masyarakat perlu didorong. seperti keberadaan Omah Mbudur, salah satu destinasi di kawasan Borobudur, terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif.

Berbagai produk ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan, batik, seni tari, makanan, lukisan, suasana alam, menjadi bagian dari ekonomi kreatif yang bisa membawa manfaat bagi masyarakat di sekitar destinasi wisata.

"Omah Budur ini sangat mendukung sekali kegiatan pariwisata dengan kemampuan ekonomi kreatif masyarakat setempat. Ada kerajinan tangan, batik, seni tari, makanan, lukisan, dan suasana alam, bagian dari ekonomi kreatif yang bisa membawa manfaat buat masyarakat di sekitar destinasi wisata," ujarnya.

"Tujuan pariwisata selain memberikan devisa buat negara, juga memberikan manfaat buat masyarakat di sekitarnya, dan apa yang paling cepat dan paling bisa termanfaatkan adalah ekonomi kreatif, sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitarnya," kata Wisnutama lagi.

Menparekraf Malam Mingguan Bareng Komunitas Kreatif Yogya

Wisnutama menambahkan, dari segi infrastruktur, pihaknya akan berkoordinasi dengan Menteri PUPR, Perhubungan dan kementerian terkait terkait infrastruktur.

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved