Jawa

Ratusan Liter Miras Serta Belasan Ribu Pil Yarindu di Kabupaten Magelang Dimusnahkan

Miras dan obat terlarang tersebut merupakan hasil operasi rutin yang ditingkatkan oleh Polres Magelang selama setahun terakhir.

Ratusan Liter Miras Serta Belasan Ribu Pil Yarindu di Kabupaten Magelang Dimusnahkan
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Ribuan botol minuman keras berbagai merek, ratusan liter miras oplosan, dan belasan ribu obat daftar G di Kabupaten Magelang dimusnahkan, Kamis (19/12/2019) di Mapolres Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ribuan botol minuman keras berbagai merek, ratusan liter miras oplosan, dan belasan ribu obat daftar G di Kabupaten Magelang dimusnahkan, Kamis (19/12/2019) di Mapolres Magelang.

Miras dan obat terlarang tersebut merupakan hasil operasi rutin yang ditingkatkan oleh Polres Magelang selama setahun terakhir.

Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto, mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan adalah miras sebanyak 4.027 botol, 107 liter tuak, dan 11.361 butir pil daftar G.

Barang bukti ini adalah hasil operasi rutin yang ditingkatkan dua bulan terakhir, sampai Bulan Desember 2019 dengan sasaran miras, senjata api, senjata tajam, dan narkoba.

Perwira Polres Magelang Raih Kenaikan Pangkat AKBP

"Barang bukti ini adalah hasil kegiatan kepolisian rutin yang ditingkatkan dalam rangka ops lilin candi tahun 2019, untuk cipta kondisi jelang natal tahun 2019 dan tahun baru 2020," kata Eko, Kamis (19/12/2019), di sela giat pemusnahan di halaman belakang Mapolres Magelang.

Eko mengatakan, sumber permasalahan penyakit masyarakat dan gangguan kamtibmas kerap berasal dari pengaruh miras dan obat-obatan terlarang.

Dia pun berharap dengan operasi secara rutin dan pemusnahan ini, penyalahgunaan dan peredaran miras semakin tipis.

"Harapan semakin tipis penyalahgunaan dan peredaran miras. Tentunya, tak lepas dari tokoh agama, tokoh pemuda mengajak masyarakat menghindari penggunaan miras apapun jenisnya. Begitu juga dengan obat-obatan terlarang. Pil Yarindu, para pelaku sudah diproses sampai tahap kedua, dilimpahkan dan mendapatkan vonis pelanggaran UU Kesehatan," tuturnya.

Sementara itu, Kasatresnarkoba Polres Magelang, Iptu Abdul Muthohir, mengatakan, pemusnahan miras dan obat daftar G tediri dari miras anggur merah sebanyak 1.756 botol, oplosan ciu 706 botol, oplosan 591 botol, vodka 249 botol, tuak 209 botol, mansion house 127 botol.

Para Siswi dalam Video Pelajar Pesta Miras Menangis Saat Orangtua Dipanggil ke Sekolah

Kemudian, Iceland 53 botol, Congyang 25 botol, Bir bintang 39 botol, Bir hitam 32 botol, javana 71 botol,
sari vodka 36 botol, sari buah 35 botol, Lapen 37 botol, Kolesom 7 botol, Rosebeer 9 botol,
Rose Spezy 7 botol, Drunk wisky 8 botol, Wisky 4 botol, anggur putih 3 botol, Topi Miring 1 botol dan tuak 107 liter.

Obat pil daftar G dengan kode Y atau yarindu sebanyak 11.361 butir juga turut dimusnahkan dalam kegiatan.

Sementara, salah satu tersangka juga dihadirkan dalam pemusnahan.

Kegiatan pemusnahan disaksikan oleh segenap anggota kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved