Nasional

Jusuf Kalla Menerima Anugerah Hamengku Buwono IX

Penghargaan tersebut diberikan kepada Jusuf Kalla atas jasa-jasanya dalam bidang sosial kemasyarakatan.

Jusuf Kalla Menerima Anugerah Hamengku Buwono IX
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Jusuf Kalla 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima anugerah penghargaan Hamengku Buwono (HB) IX Award dari UGM pada puncak peringatan Dies Natalis ke-70 dan Lustrum ke-14 UGM yang digelar di Grha Sabha Pramana UGM, Kamis (19/12/2019).

Penghargaan tersebut diberikan kepada Jusuf Kalla atas jasa-jasanya dalam bidang sosial kemasyarakatan.

Kiprahnya memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas berpikir dan kesejahteraan masyarakat serta berperan aktif bagi kemajuan, kemakmuran dan perdamaian umat manusia.

Jusuf Kalla menyampaikan ucapan terima kasih kepada UGM yang telah memberikan penghargaan Hamengku Buwono (HB) IX Award.

UGM Gelar Konser Amal Musik Klasik untuk Bantu Pasien Kanker

"Saya berusaha untuk selalu meningkatkan upaya pengabdian untuk kemajuan bangsa. Bagi saya terima kasih sekali lagi," ujar Jusuf Kalla dalam jumpa pers yang digelar di Grha Sabha Pramana UGM.

Ia mengatakan, anugerah tersebut menjadi suatu penghargaan yang sangat tinggi sebab HB IX merupakan tokoh besar yang berjuang dan mempertahankan kemerdekaan.

"Begitupun Gadjah Mada dalam sejarahnya selalu berusaha mempersatukan Nusantara. Penghargaan ini suatu hal yang sangat berarti dan penting bagi saya," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UGM Panut Mulyono menambahkan, Sri Sultan Hamengku Buwono IX memiliki sifat-sifat yang mulia.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

"Jasa-jasanya yang luar biasa kepada masyarakat bangsa dan negara itu lalu kita mencari sosok setiap tahun orang-orang yang mirip atau memiliki perjuangan mirip dengan yang dilakukan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX," katanya.

Panut mengatakan, Jusuf Kalla dikenal sebagai juru damai dan ujung tombak penyelesaian konflik.

Menurutnya, Jusuf Kalla juga tidak pernah kehilangan solusi untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh bangsa.

Oleh sebab itu, sosok Jusuf Kalla layak dan patut untuk mendapatkan penghargaan.

"Itulah latar belakang dan hal-hal yang menjadi pertimbangan bagi UGM melalui dewan guru besar dalam penilaian dan mencari sosok yang mempunyai sifat-sifat seperti padi," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved