Pendidikan

Percepat Terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan, SMK Kesehatan Binatama Kembangkan SMK Rujukan

Program pengembangan SMK Rujukan ini tersebar untuk 500 SMK di Indonesia.

Percepat Terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan, SMK Kesehatan Binatama Kembangkan SMK Rujukan
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Pameran hasil pengembangan SMK Kesehatan Binatama dalam bentuk pameran produk kreatif siswa yang digelar bersamaan dengan Perayaan HUT Ke-7 SMK Kesehatan Binatama. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - SMK Kesehatan Binatama ditunjuk sebagai salah satu SMK yang mendapatkan dana bantuan Pengembangan SMK Rujukan dari Direktorat Pembinaan SMK  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelaksanaan program SMK Rujukan ini dimulai pada Juli hingga Desember 2019.

Program ini dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan SMK rujukan bagi SMK di sekitar untuk mempercepat terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan.

Program pengembangan SMK Rujukan ini tersebar untuk 500 SMK di Indonesia.

Peringati Haornas 2019, Ratusan Siswa SMK Kesehatan Binatama Gelar Jalan Sehat Sambil Punguti Sampah

Kepala SMK Kesehatan Binatama Nuri Hastuti mengatakan SMK Kesehatan Binatama merupakan satu-satunya SMK Kesehatan di Yogyakarta yang pada tahun 2019 ditunjuk sebagai SMK Rujukan.        

Beberapa kegiatan SMK Rujukan yang dikembangkan oleh SMK Kesehatan Binatama yakni pelaksanaan sosialiasi penyusunan program peningkatan pembelajaran SMK, penyeIarasan kejuruan/kurikulum dengan dunia usaha dunia industri, magang industri.

"Penyelarasan kurikulum dilaksanakan untuk menyelaraskan kompetensi lulusan siswa SMK Kesehatan Binatama dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri agar link and match sehingga setelah lulus nanti mereka dapat langsung direkrut sebagai tenaga kerja oleh dunia usaha dunia industri," ujarnya Selasa (17/12/2019).

Selain itu, implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang terdiri dari digitalisasi perpustakaan dalam bentuk aplikasi android.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Lanjutnya, SMK Rujukan juga mengembangkan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) antara lain Gerakan Aksi Cinta Bumi yang terdiri dari Gerakan ASA (Ada Sampah Ambil), penghijauan sekolah, diet plastik dan pengolahan sampah plastik.

"Untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0 sekolah mengembangkan program-program melalui peningkatan mutu penilaian dengan penyusunan soal HOTS, implementasi pembelajaran revolusi industri 4.0 dengan Aplikasi Ardroid Binatama School 4.0 yang dapat dimanfaatkan siswa untuk pembelajaran online dan ujian online berbasis android," katanya.

Program ini ditutup dengan sosialisasi dan pameran hasil pengembangan SMK Kesehatan Binatama dalam bentuk pameran produk kreatif siswa yang digelar bersamaan dengan Perayaan HUT Ke-7 SMK Kesehatan Binatama. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved