Dua Produk Inovasi Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Sukses Raih Prestasi

Kedua produk inovasi mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta itu bermanfaat untuk Industri Kecil dan Menengah.

Dok. Amikom Yogyakarta
Dua inovasi mahasiswa Amikom Yogyakarta sukses raih prestasi 

KOMPAS.com - Dua produk inovasi mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta sukses meraih prestasi dalam Program Startup4industry Semarak Festival Industri Kecil dan Menengah dan Aneka (IKMA) 2019 di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Produk pertama adalah Industri Kecil Menengah (IKM) Smart Market Analysis (ISMA) yang menjadi juara 2 kategori kecerdasan buatan (AI) dan Big Data.

Irwan Oyong, Arif Nur Rohman, dan Elik Hari Muktafin merupakan pengembang ISMA. Produk ini ditujukan untuk membantu IKM.

Mereka dapat menganalisis tren pasar dan produk serupa, kompetitor, dan penentuan segmentasi pasar yang pas. Inovasi tersebut juga mempersiapkan agar IKM siap untuk go-online

Sementara itu, produk kedua adalah Smart Production Monitoring System (PROMIS) sebagai juara 3 kategori Internet of Things (IOT).

Pengembang PROMIS adalah Elik Hari Muktafin, Muhammad Ryan Fauzy, dan Muhammad Ainur Roziqin.

Inovasi itu merupakan produk berbasis IOT yang dapat digunakan untuk memantau proses produksi IKM secara realtime.

Seputar Startup4industry

Startup4industry sendiri merupakan program yang diluncurkan Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal IKMA sebagai gerakan transformasi digital IKM.

Program ini menjawab salah satu prioritas dalam Making Indonesia 4.0, yakni pemberdayaan UMKM melalui teknologi, sehingga dapat menjadi hub yang menghubungkan penyedia teknologi (startup) dengan permasalahan industri.

Startup4industry menghadirkan enam topik kompetisi, yaitu integrasi ERP dengan ISO 9001:2015, modular controller mesin teknologi tepat guna, dan mesin penggoreng keripik tempe otomatis.

Tiga topik lainnya adalah platform clothing line, AI dan Big Data, serta IOT. Keenam topik tersebut ditujukan untuk memecahkan masalah industri, khususnya IKM.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita membuka secara resmi acara tersebut. Ia didampingi Dirjen IKMA, Gati Wibawaningsih yang ikut menyerahkan penghargaan kepada para pemenang di puncak acara.

"Diharapkan Indonesia akan semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0 melalui inovasi karya anak bangsa sebagai technology provider untuk industri," kata Agus dalam keterangan tertulis (17/12/2019) saat membuka acara.

(Penulis: Anggara Wikan Prasetya / Editor: Mikhael)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved