Pendidikan

Teknologi Jadi Tantangan di Bidang Akuntansi dan Keuangan

Masyarakat desa masih belum memahami betul bagaimana membuat laporan keuangan dalam akutansi dan membuat validitas transaksinya.

Teknologi Jadi Tantangan di Bidang Akuntansi dan Keuangan
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Dekan Fakultas Ekonomi UII Jaka Sriyana (kiri) dan Ketua Panitia Acara, Fitra Roman Cahya (kanan) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dalam menyatukan gagasan terkait isu-isu kontemporer di bidang akuntansi dan keuangan, Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi UII menggelar National Conference on Accounting and Finance pada Jumat (13/12/2019).

Konferensi kali ini, FE UII mengangkat tema "Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Akuntansi Publik di Indonesia".

Dekan Fakultas Ekonomi UII Jaka Sriyana mengatakan konferensi ini membahas beberapa isu kontemporer, di antaranya terkait dana desa.

Jaka mengatakan, masyarakat desa masih belum memahami betul bagaimana membuat laporan keuangan dalam akutansi dan membuat validitas transaksinya.

UII dan Pemkab Sleman Resmikan SPBU Paling Atas di Jalan Kaliurang

"Kaitanya dengan teknologi revolusi industri 4.0 ini bagaimana data-data harus dikumpulkan dan disinkronisasi. Selain data bagaimana mereka bisa mambuat informasi laporan itu dengan cepat," katanya saat menggelar jumpa pers.

Sementara itu Ketua Panitia Acara, Fitra Roman Cahya mengatakan selain membahas dana desa, konferensi ini juga membahas mengenai pengelolaan keuangan hingga pengauditannya.

Roman mengatakan, keberadaan teknologi menjadi tantangan di bidang akuntansi dan keuangan.

Artinya, teknologi bisa membantu dan bisa menjadi ancaman.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

"Menjadi ancaman kalau teknologi bisa mengatasi masalah pelaporan dalam era revolusi industri 4.0 apakah profesi akuntan tidak diperlukan lagi? Sebetulnya tidak, teknologi dalam akuntansi sifatnya membantu dalam proses pencatatan. Tantangannya justru mengatur perilaku para akuntan dalam melakukan input data," ujarnya

Untuk itu, akuntansi sektor publik menjadi Prodi unggulan di FE UII.

"Dan ini sangat dekat dengan akuntansi forensik. Dan kita punya pusat akuntansi forensik. Ini yang menjadi salah satu unggulan yang kita jadikan identitas kita. Akuntansi forensik ini akan membantu dalam proses auditing untuk membuktikan atau menemukan informasi valid tentang sebab sebuah pelanggaran," kata Jaka. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved