Pendidikan

Menag Fachrul Razi Resmikan Laboratorium Terpadu MAN 1 Yogyakarta

Laboratorium Terpadu ini terdiri dari tiga lantai, di mana lantai 1 digunakan untuk perpustakaan dan UKS, lantai 2 digunakan untuk laboratorium agama,

Menag Fachrul Razi Resmikan Laboratorium Terpadu MAN 1 Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meresmikan gedung Laboratorium Terpadu MAN 1 Yogyakarta pada Kamis (12/12/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meresmikan gedung Laboratorium Terpadu MAN 1 Yogyakarta pada Kamis (12/12/2019).

Laboratorium Terpadu ini terdiri dari tiga lantai, di mana lantai 1 digunakan untuk perpustakaan dan UKS, lantai 2 digunakan untuk laboratorium agama, laboratorium kimia, laboratorium fisika dan laboratorium biologi.

Sementara lantai 3 digunakan untuk ruang multimedia, radio, studi musik, robotik dan ruang kreativitas siswa.

"Saya pesan supaya gedung dirawat dengan baik, betul-betul dimanfaatkan sesuai rencana pemanfaatan. Supaya ditata dan dikelola dengan baik," ujar Menag.

Tunjuk Fachrul Razi Jadi Menteri Agama, Ini Keinginan Presiden Jokowi

Kepala MAN 1 Yogyakarta Wiranto Prasetyahadi menambahkan peresmian Laboratorium Terpadu ini untuk mencapai peran dan fungsi laboratorium sebagai jantung dari proses pembelajaran.

Sebab kata dia, laboratorium sebagai sumber untuk memecahkan masalah atau melakukan percobaan.

"Laboratorium di MAN 1 Yogyakarta berdasarkan KTSP, guru IPA sangat dituntut dalam kreatifitas membuat alat-alat sederhana yang mampu menjelaskan teori dan konsep IPA sesuai dengan peralatan yang ada dan kondisi agar tervisualisasi sehingga mudah dipahami dan dimengerti siswanya," katanya.

Untuk itu adanya laboratorium terpadu ini menjadi sangat penting, sebab laboratorium merupakan pusat proses belajar mengajar untuk mengadakan percobaan, penyelidikan atau penelitian.

Menteri Agama Kunjungi Pondok Pesantren Al-Munawwir Yogyakarta

Adanya laboratorium, kata dia sebagai tempat untuk melatih keterampilan serta kebiasaan menemukan suatu masalah dan sikap teliti.

Laboratorium berfungsi pula sebagai tempat untuk melatih peserta didik bersikap cermat, bersikap sabar dan jujur serta berpikir kritis.

"Selain itu juga sebagai tempat bagi siswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya," tuturnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved