Bisnis

Libur Akhir Tahun, PT KAI DAOP 6 Yogyakarta Siapkan 5 KA Tambahan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 6 Yogyakarta memprediksi kenaikan jumlah penumpang pada libur akhir tahun dan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN)

Libur Akhir Tahun, PT KAI DAOP 6 Yogyakarta Siapkan 5 KA Tambahan
Tribun Jabar/Isep Heri Herdiansah
Ilustrasi kereta api 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 6 Yogyakarta memprediksi kenaikan jumlah penumpang pada libur akhir tahun dan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2019 naik sekitar lima persen dibanding tahun lalu.

Pada 2018 lalu, PT. KAI DAOP 6 mengangkut sebanyak 696.419 penumpang. Sementara pada tahun ini diperkirakan jumlah penumpang melonjak hingga mencapai angka 729.161 penumpang.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan, sejumlah persiapan baik dari sisi personel dan juga moda pengangkutan telah disiapkan oleh pihaknya.

Jalur Kereta Sukabumi-Bogor Longsor, KA Pangrango Berhenti Operasi Hari Ini

Namun, di masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini pihaknya hanya menyediakan sebanyak lima moda kereta api (KA) tambahan.

Meskipun lebih sedikit dibanding dengan tahun lalu yang menyiapkan sebanyak delapan KA, Eko menjelaskan kondisi itu tidak berpengaruh secara signifikan terhadap operasional angkutan Nataru.

Sehingga penumpang tidak perlu khawatir.

"Tahun ini kita kan sudah cukup banyak menambah beberapa rute baru seperti KA Bandara dan juga Sancaka Utara serta Anjasmara, jadi kami pastikan semua lancar," jelas Eko, Kamis (12/12/2019).

Adapun lima unit penambahan KA tersebut masing-masing yakni KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga (Solo-Gambir), KA Taksaka (Yogyakarta-Gambir), KA Lodaya (Solo-Bandung), serta Sancaka (Yogyakarta-Surabaya) dengan kapasitas 42.712 kursi.

Jelang Nataru, PT KAI Jalankan Kereta Api Tambahan

"Mulai jalannya di tanggal 18 Desember sampai dengan 5 Januari. Tapi masih bisa akan diperpanjang kalau kondisi memungkinkan," imbuh Eko.

Dijelaskannya, pada 18 Desember KA tambahan Taksaka dan Sancaka akan mulai dioperasikan.

Sementara satu hari berikutnya beberapa KA tambahan lain juga mulai melakukan pengangkutan.

Dan 20 Desember akan beroperasi secara penuh.

Total jumlah kapasitas penumpang di KAI DAOP 6 disertakan dengan lima KA tambahan yakni mampu menampung sebanyak 1.065.220 penumpang.

"Puncaknya kami prediksi pada 31 Desember mendatang dengan volume sebanyak 45.783," urainya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved