Bisnis

GoPay Dampingi Pelaku UMKM di Yogyakarta Agar Matang Berbisnis

GoPay telah menggandeng hampir 8.000 rekan usaha di Yogyakarta di mana hampir 96 persen di antaranya merupakan pengusaha UMKM.

GoPay Dampingi Pelaku UMKM di Yogyakarta Agar Matang Berbisnis
istimewa
Pelaku UMKM menyimak penjelasan yang disampaikan perwakilan GoPay untuk dapat memajukan bisnis mereka di era digital saat ini 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - GoPay melakukan pendampingan terhadap ribuan pelaku UMKM di Yogyakarta belum lama ini.

Pendampingan ini bertujuan agar pelaku UMKM yang tergabung dalam Forum Pedagang Baik semakin matang dalam mengelola bisnis dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

GoPay Regional Head Jawa Barat & Jawa Tengah, Restu Haryadi mengatakan penyusunan materi yang dihadirkan untuk para pengusaha mikro dirancang berdasarkan pengalaman Gojek beserta ekosistemnya dalam memberdayakan jutaan mitra driver dan ratusan ribu mitra UMKM.

"GoPay membantu 380.000 mitra UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Kami sangat memahami pentingnya pendampingan langsung serta wadah yang guyub bagi para pelaku UMKM untuk belajar. Mengenalkan metode transaksi nontunai saja tidak cukup, tapi harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai teknologi digital agar dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com.

Gojek Gandeng RedDoorz untuk Plesiran Tanpa Ribet

Saat ini, lanjutnya, GoPay telah menggandeng hampir 8.000 rekan usaha di Yogyakarta di mana hampir 96 persen di antaranya merupakan pengusaha UMKM.

"GoPay menargetkan untuk dapat melatih seluruh rekan UMKM kami," tambahnya.

Pelaksanaan Forum Pedagang Baik terinspirasi dari Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang dihadirkan oleh Gojek untuk para mitra driver, pelatihan Gojek Wirausaha yang n diberikan kepada ribuan pelaku UMKM di puluhan kota, dan Modul SiTaTa yang dapat diakses oleh jutaan anggota Arisan Mapan.

Inisiatif GoPay untuk melaksanakan Forum Pedagang Baik ini mendapatkan sambutan positif dari
Peneliti dan Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Dr Gumilang Aryo Sahadewo MA.

Ia mengatakan bahwa efektifitas akses ke layanan keuangan digital terhadap profitabilitas UMKM bisa ditingkatkan dengan pelatihan dan pendampingan bisnis seperti yang dihadirkan lewat Forum Pedagang Baik.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Menurutnya, pendampingan dapat membantu pelaku UMKM dalam mengadopsi teknologi dan layanan keuangan digital, memberikan informasi tentang permintaan konsumen, serta mengenalkan teknologi produksi baru untuk meningkatkan produktivitas UMKM.

“Forum Pedagang Baik adalah jembatan antara UMKM dengan inovasi dan produk solusi yang telah tersedia di pasar seperti GoFood, GoPay, dan lainnya," ujarnya.

Forum Pedagang Baik telah dilaksanakan di 9 lokasi di Indonesia dan memberikan pelatihan kepada ratusan mitra pengusaha kecil.

Berdasarkan hasil survei yang diikuti oleh peserta Forum Pedagang Baik, lebih dari 90 persen merasa program ini telah membantu mereka dalam mencatat keuangan dan mengembangkan usahanya sehari-hari. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved