Pendidikan

Duta Besar Indonesia untuk Australia Isi Kuliah Umum di UAD

Peringatan 70 tahun hubungan Indonesia dan Australia saat ini menjadi momentum untuk lebih mengakrabkan hubungan bilateral antara kedua negara dalam s

Duta Besar Indonesia untuk Australia Isi Kuliah Umum di UAD
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Duta Besar Indonesia Untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo saat mengisi kuliah umum di UAD 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Peringatan 70 tahun hubungan Indonesia dan Australia saat ini menjadi momentum untuk lebih mengakrabkan hubungan bilateral antara kedua negara dalam semua aspek, baik politik, sosial budaya maupun ekonomi.

Hal itu mengemuka pada Kuliah Umum dengan tema "70 Tahun Hubungan Indonesia dan Australia" yang diselenggarakan oleh UAD pada Rabu (11/12/2019).

Pada kuliah umum ini menghadirkan Duta Besar Indonesia Untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo.

Video Viral Pria Australia Beri Minum Koala yang Jadi Korban Kebakaran Hutan, Matanya Sulit Dibuka

Rektor UAD Muchlas mengatakan momentum kehadiran Duta Besar Indonesia Untuk Australia ini dalam rangka mengakrabkan hubungan antara UAD dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang ada di Australia.

Selain itu juga diharapkan ada peluang-peluang yang dapat diraih oleh dosen maupun mahasiswa UAD untuk bisa melaksanakan studi lanjut di Australia maupun working holiday yakni bekerja sekaligus berwisata di Australia.

"Saat ini Australia sudah menerbitkan visa untuk bekerja sekaligus wisata. Untuk tahun ini sudah menerbitkan sampai 4000," ujarnya.

Duta Besar Indonesia Untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo menambahkan Pemerintah Australia memberikan kesempatan pertahun bagi 1000 orang Indonesia yang datang ke Australia untuk berlibur dan berkerja (working holiday).

Ciptakan Pendidikan Kelas Global, Gerakan Sekolah Menyenangkan Undang Guru Australia dalam Workshop

"Bulan Maret kemarin kita telah menandatangani perjanjian yang kita namakan 'Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement', sudah ditandatangani oleh kedua menteri perdagangan. Prosesnya saat ini sedang diratifikasi oleh parlemen masing-masing negara," kata dia.

Hal ini tentunya merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, bukan hanya untuk bekerja tetapi juga pengalaman dalam peningkatan kapasitas.

Lanjutnya, Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement ini memuat aspek yang luas yakni di bidang perdagangan, investasi dan juga peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan formal di perguruan tinggi maupun melalui pendidikan lembaga vokasi.

"Jadi ini yang kita akan terjalin dengan Australia, mudah-mudahan nanti bisa dimanfaatkan betul oleh teman-teman yang ada di Indonesia. Tidak hanya untuk bekerja tapi menarik pengalaman dan meningkatkan kapasitas mereka," ungkapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved