Yogyakarta

FPPI DIY Berikan Penghargaan Utama pada GKR Mangkubumi dan Kartika Affandi

Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) DIY untuk pertama kalinya menggelar Puncak Penghargaan Puan Nusantara Awards.

FPPI DIY Berikan Penghargaan Utama pada GKR Mangkubumi dan Kartika Affandi
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Kartika Affandi (duduk di kursi roda) saat menerima penghargaan Puan Sepanjang Hayat dalam Puan Nusantara Awards 2019, Minggu (08/12/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) DIY untuk pertama kalinya menggelar Puncak Penghargaan Puan Nusantara Awards.

Ajang apresiasi bagi tokoh-tokoh inspiratif dalam pemberdayaan perempuan tersebut digelar pada Minggu (08/12/2019) di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Pada gelaran tersebut, GKR Mangkubumi dan pelukis ternama Kartika Affandi mendapatkan penghargaan utama dari FPPI DIY.

"GKR Mangkubumi kami berikan penghargaan Puan Nusantara Utama, sedangkan Puan Sepanjang Hayat diberikan pada Kartika Affandi," kata Ketua Umum FPPI DIY Wiendu Nuryanti.

Bidan Ajeng dan Pak Puger, Pejuang Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan dan Anak

Berdasarkan penilaian dari 5 juri, Kartika Affandi layak mendapat penghargaan tersebut lantaran hingga di usianya yang sangat lanjut, putri pelukis Affandi ini masih mengabdikan hidup pada seni.

Ia hingga saat ini terus memberikan pelatihan dan pembinaan bagi para perempuan dan anak-anak di galeri seni miliknya.

Sedangkan Puan Nusantara Utama diberikan pada GKR Mangkubumi karena peran besarnya dalam memajukan perempuan-perempuan di DIY yang lemah secara ekonomi.

"Tidak banyak yang tahu jika beliau adalah penggerak dan Ketua Asosiasi Pasar di mana banyak perempuan sebagai anggotanya," tutur Wiendu.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

GKR Mangkubumi sendiri sebelumnya juga telah diganjar penghargaan Perempuan Tak Terpatahkan karena telah memberdayakan perempuan di pedesaan.

Saat menerima penghargaan tersebut, GKR Mangkubumi mengaku sempat heran kenapa ia yang diberi penghargaan tersebut. Sebab ia sendiri tidak pernah mengekspos kegiatannya di Asosiasi Pasar.

Meskipun demikian, ia mengucapkan terima kasih pada dewan juri atas penghargaan yang diberikan.

"Mudah-mudahan ini bisa membuat saya lebih baik lagi. Apa yang bisa saya bantu untuk DIY sudah menjadi kewajiban saya," kata GKR Mangkubumi. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved