Kota Yogyakarta

Satu Kendaraan Operasional Belum Beroperasi

Dalam kunjungan lapangan itu, ada sejumlah temuan yang di dapati oleh anggota dewan untuk diperbaiki sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masy

Satu Kendaraan Operasional Belum Beroperasi
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Suasana kunjungan lapangan oleh komisi D DPRD kota Yogya ke UPT PSC 119 YES, Kamis (5/12/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - UPT Public Service Center 119 Yogyakarta Emergency Service (PSC 119 YES) mendapat kunjungan lapangan oleh komisi D DPRD kota Yogya pada Kamis (5/12/2019).

Dalam kunjungan lapangan itu, ada sejumlah temuan yang di dapati oleh anggota dewan untuk diperbaiki sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah indikator dan juga standar operasional prosedur yang digunakan oleh PSC 119 YES untuk dapat melayani panggilan kedaruratan masyarakat.

Legislatif meminta penjelasan dari petugas PSC 119 YES, kondisi yang bagaimana yang dapat digolongkan sebagai keadaan darurat.

Komisi D Minta PSC 119 YES Lebih Optimal

Salah satu petugas medis PSC 119 YES, Meika Nur Sudiyanto menjelaskan, anggapan darurat oleh masyarakat dengan standar yang ditetapkan oleh pihaknya memang berbeda.

Ada sejumlah syarat yang dapat digolongkan dalam keadaan darurat oleh pihaknya, yakni meliputi ABC; Airway (saluran napas), Breathing (bernafas), dan Circulation (peredaran darah).

"Dan itu kita golongkan lagi dalam darurat klinis dan non klinis. Kita tetap 24 jam pelayanan. Mungkin dari sebagian masyarakat ada perbedaan pemahaman soal kondisi darurat," jelas dia.

Meika juga mengklaim, waktu tanggap pihaknya berada pada kisaran 15 menit setelah mendapat panggilan kedaruratan.

Namun, durasi itu juga mempertimbangkan kondisi dan lokasi di lapangan.

Untuk mengatasi persoalan itu, terkadang petugas meminta bantuan dari pihak keluarga, sehingga penanganan tidak berlangsung lama.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved