Kota Yogyakarta

Komisi D Minta PSC 119 YES Lebih Optimal

Dari hasil diskusi juga ditemukan bahwa terdapat kekurangan personel dari PSC 119 YES, sehingga cukup kesulitan dalam menangani panggilan kedaruratan.

Komisi D Minta PSC 119 YES Lebih Optimal
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah anggota komisi D DPRD Kota Yogyakarta melakukan kunjungan lapangan ke kantor UPT Public Service Center 119 Yogyakarta Emergency Service (PSC 119 YES) pada Kamis (5/12/2019) siang.

Pada kunjungan itu, anggota dewan menyoroti kinerja dan juga pelayanan yang dilakukan oleh UPT PSC 119 YES.

Ketua komisi D DPRD kota Yogya, Dwi Saryono mengatakan, kunjungan lapangan itu merupakan agenda peninjauan yang bertujuan untuk dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja kepada masyarakat setempat.

Dwi menampik, kunjungan itu berdasarkan cuitan salah satu anggota komisinya yang mengeluhkan pelayanan instansi tersebut.

PSC 119 Masuk Lima Besar Indonesia Healthcare Forum Innovation Award 2019

"Kebetulan agenda di kantor cukup lengang jadi sudah kami jadwalkan dari awal bulan kunjungan ini, karena PSC kan dibawah naungan Dinkes sebagai mitra kami. Hasilnya akan kami evaluasi dan akan kita rapatkan dengan Dinkes, sehingga pelayanan bisa ditingkatkan," kata politisi PDIP itu.

Dwi juga membandingkan kemaksimalan kinerja PSC 119 YES dengan instansi yang sama dari kabupaten lain, padahal menurut dia kabupaten lain tersebut dulunya belajar dari Yogya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa lokasi kantor PSC 119 YES masih kurang strategis untuk menjangkau masyarakat, sehingga perlu direncanakan kantor baru yang lebih representatif dan dapat menjangkau masyarakat.

Dari hasil diskusi juga ditemukan bahwa terdapat kekurangan personel dari PSC 119 YES, sehingga cukup kesulitan dalam menangani panggilan kedaruratan.

Ditambah pula, saat ini kendaraan operasional sudah terdapat tiga, namun baru dua yang bisa dioperasionalkan.

"Makanya kita akan dorong Dinkes untuk menambah sarana, prasarana maupun tenaga sumber daya manusia," kata Dwi.

Dinkes Bantul Luncurkan Public Safety Center 119, Layani Kegawatdaruratan 24 Jam

Dia juga berharap sasaran dan wilayah kerja PSC 119 YES tidak hanya terbatas pada area Yogya saja.

Meskipun instansi itu merupakan instansi kedinasan di wilayah kota Yogya, namun jika ada panggilan bantuan dari wilayah perbatasan PSC 119 YES juga dapat bertindak dan menangani.

"Karena ini kan kerja-kerja kemanusiaan dan menyangkut nyawa seseorang. Kewilayahan ini memang bisa saja menjadi aturan tapi kan aksi sosial itu yang utama," jelasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved