Jawa

Dinas Kesehatan Klaten Adakan Jambore Penyuluh Kesehatan

Jambore kesehatan dengan tema Optimalisasi desa siaga dalam penurunan stunting serta implementasi Germas untuk menguatkan Klaten yang maju dan mandiri

Dinas Kesehatan Klaten Adakan Jambore Penyuluh Kesehatan
Dokumentasi Pemkab Klaten
Bupati Klaten Sri Mulyani menghadiri jambore penyuluh kesehatan yang diadakan di Taman Lampion di Bareng, Kecamatan Klaten Utara, Kamis (5/12/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten mengadakan jambore penyuluh kesehatan yang diadakan di Taman Lampion di Bareng, Kecamatan Klaten Utara, Kamis (5/12/2019).

Jambore kesehatan dengan tema Optimalisasi desa siaga dalam penurunan stunting serta implementasi Germas untuk menguatkan Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Kepala Dinkes Klaten, dr Cahyono Widodo didampingi Ketua Panitia dr Anggit Budiarto mengatakan, jambore penyuluh kesehatan diikuti jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, Ketua TP PKK Kecamatan, 272 kader kesehatan dari seluruh Puskesmas se Klaten.

Kemudian 272 petugas Puskesmas seperti bidan, perawat, petugas gizi, sanitarian, petugas imunisasi dan lain sebagainya.

Bupati Klaten Apresiasi Kader PPKBD dan Sub PKKBD Sukseskan Program KB

Kemudian, kata Cahyono, juga diikuti 80 orang anggota Saka Bakti Husada dan komponen masyarakat lainnya yang terkait dengan program pembangunan kesehatan di Klaten.

Tujuan jambore penyuluh kesehatan untuk menyamakan persepsi dalam menyukseskan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam mencegah stunting untuk mewujudkan generasi unggul guna mendukung visi Pemkab Klaten mewujudkan Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing.

"Ada tujuh pilar Germas masing-masing melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan mengunakan jamban sehat. Aktivitas fisik merupakan segala sesuatu aktifitas yang menggerakkan tubuh yang dilakukan secara rutin dan menjadi pilar utama Germas, namun sebaiknya pilar lainnya juga dilakukan secara baik," papar Cahyono.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, secara pribadi dan atas nama Pemkab Klaten menyambut baik dengan digelarnya jambore penyuluh kesehatan.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Karena dengan jambore ini para penyuluh kesehatan se Kabupaten Klaten dapat saling bertemu dan bertukar informasi dalam mendukung tugas sehari-hari sebagai penyuluh kesehatan.

Dikatakan, Pemkab Klaten menaruh perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan sektor kesehatan, karena kesehatan menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang sangat penting.

Maka dari itu penyuluh kesehatan sangat berperan dalam membantu pemerintah dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Jambore penyuluh kesehatan juga dimeriahkan seniman Mimin dan Apri dari Klaten.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved