Gunungkidul

Begini Nasib Petugas Kejari Gunungkidul yang Membuat Tahanan Kabur

Petugas Kejari Gunungkidul yang lalai dan membuat tahanan kabur beberapa waktu lalu dipindah ke bagian Perpustakaan untuk sementara waktu.

Begini Nasib Petugas Kejari Gunungkidul yang Membuat Tahanan Kabur
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL -  Petugas Kejari Gunungkidul yang lalai dan membuat tahanan kabur beberapa waktu lalu dipindah ke bagian Perpustakaan untuk sementara waktu.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Kejari Gunungkidul, Asnawi Mukti, Kamis (5/12/2019).

"Saya suruh mereka belajar di perpustakaan kejari ini untuk sementara, sedangkan untuk sanksi kami masih menunggu dari kejaksaan Agung," katanya.

Ia memastikan, akan ada sanksi dari kejaksaan untuk petugas yang lalai tersebut.

Wakil Bupati Gunungkidul Imbau Masyarakat Tidak Sembarangan Tangkap Ular Kobra

Hal tersebut terkuak setelah dilakukan penyelidikan internal.

“Proses penyelidikan internal sudah dilakukan dan hasilnya ada kesalahan yang dilakukan petugas hingga ada tahanan yang kabur. Yang jelas ini akan diselesaikan sampai tuntas. Untuk saat ini, penyelidikan sudah diserahkan ke Kejati DIY untuk diteruskan ke kejagung,” ungkapnya.

Disinggung mengenai keberadaan tahanan yang kabur, Asnawi mengakui hingga saat ini belum diketahui keberadaanya.

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin, saya pun harus turun langsung mencari tahanan yang kabur hingga ke Pekalongan beberapa waktu lalu," ucapnya.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Gunungkidul, Ari Hani Saputri mengatakan, pihaknya masih berupaya mencari tahanan yang kabur.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

"Kita masih berupaya mencarinya. Untuk memamksimalkan pencarian juga sudah menetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO),” kata Hani.

Terkait dengan sanksi pihaknya menyerahkan seluruhnya ke kejaksaan agung, untuk pemberian sanksi mengacu pada Peraturan Pemerintah No.53/2010 tentang Disiplin PNS.

“Pegawai kejari sama seperti PNS, jadi sanksi mengacu pada PP ini,” katanya.

Berita sebelumnya, pada Rabu (23/10/2019), DN kabur saat akan dikembalikan ke Rutan Wirogunan usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Wonosari.

Namun belum sampai di tempat tujuan, DN kabur melarikan diri dan hingga sekarang masih dalam proses pencarian. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved