Bisnis

700 UMKM di Yogya Ikut Program Pendampingan Sriboga Flour Mil

Sedikitnya 700 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Yogyakarta ikut serta dalam program pendampingan Sriboga Flour Mil.

700 UMKM di Yogya Ikut Program Pendampingan Sriboga Flour Mil
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sedikitnya 700 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Yogyakarta ikut serta dalam program pendampingan Sriboga Flour Mil.

Sejumlah UMKM tersebut tergolong ke dalam pelbagai jenis usaha dan terdiri dari UMKM yang sudah menjalankan usahanya atau UMKM yang baru merintis.

"Kalau yang sudah jalan kita dampingi dari sisi manajemen bisnis bagaimana supaya usahanya menuju super premium. Jadi sistem pendampingan kita melalui koperasi komunitas," kata Manager UKM Sriboga Flour Mil, Irfan Wahyudi dikutip dari keterangan yang diterima Tribunjogja.com, Kamis (5/12/2019).

Irfan mengatakan, sejumlah UMKM yang tergabung dalam koperasi tersebut juga beranekaragam.

Dinas Koperasi dan UKM DIY Ajak Pelaku UMKM Rambah Pemasaran Online

Ada koperasi yang beranggotakan pelaku usaha bakpia, mie ayam, hingga roti.

Adapun materi pendampingan yang diberikan kepada pelaku usaha yakni yang berkaitan dengan perluasan pemasaran secara digital, persaingan usaha dalam era revolusi industri, serta, bagaimana menciptakan peluang baru.

"Kita mendorong pelaku usaha untuk melek dalam mengikuti perkembangan zaman dan mulai meninggalkan cara-cara lama agar usaha dapat berkembang," ujar dia.

Dia menambahkan, model pendampingan yang dilakukan oleh pihaknya juga meliputi dia hal yakni berupa manajemen dan juga inovasi produk.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Tiap bulan para peserta akan melakukan pertemuan rutin untuk saling tukar menukar informasi tentang dunia bisnis.

"Tiap tahun kita juga mencari dan memberikan penghargaan kepada UMKM yang bisnisnya sehat dan produksinya maju untuk lebih memacu mereka dalam meningkatkan mutu produk," jelasnya.

Sementara, Panca Indria Pristiawan, Sales Operation & Support Manager PT Sriboga Flour Mill mengatakan, selain melakukan pendampingan pihaknya juga kerap melakukan seminar bisnis serta loka karya kuliner di berbagai kota. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved