Bisnis

Jelang Nataru, PT KAI Jalankan Kereta Api Tambahan

Tiket kereta api untuk semua jurusan keberangkatan dan kedatangan Yogyakarta untuk Desember 2019 ini masih ada.

Jelang Nataru, PT KAI Jalankan Kereta Api Tambahan
Tribun Jabar/Isep Heri Herdiansah
Ilustrasi kereta api 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan bahwa untuk tiket kereta api untuk semua jurusan keberangkatan dan kedatangan Yogyakarta untuk Desember 2019 ini masih ada.

Ia pun menjelaskan bahwa pengguna jasa layanan PT KAI tidak perlu cemas bepergian lantaran khawatir tiket menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah habis.

"Pada 1 Desember kemarin, kami sudah mengganti jadwal. Kereta api yang ada saat ini tambah banyak. Misal ada tambahan Joglosemarkerto, Anjasmara, dan Sancaka Utara. Meski penumpang bertambah banyak, namun perjalanan banyak, keretanya banyak," ujarnya, Rabu (4/12/2019).

Mulai Besok, Tiket Kereta Api untuk Natal dan Tahun Baru Bisa Dipesan, Ini Kapasitas yang Disiapkan

Pemesanan tiket kereta api, lanjutnya, dapat dilakukan 30 hari sebelum keberangkatan.

Pemesanan bisa dilakukan melalui pelayanan eksternal di minimarket, melalui aplikasi KAI Acess, maupun melalui loket stasiun pada pukul 09.00-16.00.

"Kami mengimbau masyarakat untuk segera mencetak tiket. Tiket dapat dicetak seminggu sebelum keberangkatan. Harapan kami setelah mendapatkan tiket, tidak telat ke stasiun. Jalan raya saat ini padat, khawatir prediksi tidak sesuai. Kalau telat, ketinggalan kereta, tiketnya hangus dan tidak bisa diganti," urainya.

Eko juga mengingatkan kepada para penumpang untuk membaca jadwal keberangkatan kereta api karena per 1 Desember beberapa kereta api telah mengalami penyesuaian jadwal yakni ada yang maju dan mundur dari jadwal lama.

Benarkah Polusi Udara Merusak Mata?

"Harapan kami, cermati jadwal kereta api terbaru 2019. Jangan karena biasanya berangkat jam segini padahal jadwal sudah berubah, tidak tahu karena tidak membaca jadwal di tiket. Di tiket sudah tercantum tanggal dan jam. Jadwal juga bisa dilihat di KAI Acess," terangnya.

Berdasarkan data 2018 lalu, Eko mengatakan bahwa jumlah penumpang saat Nataru lebih dari 621.126 penumpang, sementara pada dua tahun sebelumnya yakni 2017 tercatat lebih dari 601.225 penumpang.

"Kebanyakan penumpang melakukan perjalanan saat Natal yakni tanggal 25 dan pada tahun baru yakni tanggal 1," tutupnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved