Bisnis

Okupansi Kereta Bandara akan Berangsur Naik

Perjalanan kereta api dari Stasiun Yogyakarta (Tugu) melewati Stasiun Wojo yang merupakan jujugan bagi penumpang yang hendak ke Yogyakarta Internation

Okupansi Kereta Bandara akan Berangsur Naik
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perjalanan kereta api dari Stasiun Yogyakarta (Tugu) melewati Stasiun Wojo yang merupakan jujugan bagi penumpang yang hendak ke Yogyakarta International Airport (YIA), saat ini sudah tercatat sebanyak 30 trip.

Hal tersebut disampaikan Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto.

"Selain ada kereta api bandara, ada beberapa kereta api yang memang diberhentikan di bandara yakni kereta api Prameks dan Joglosemarkerto," ujarnya belum lama ini kepada Tribun Jogja.

PT KAI Tambah Dua Kereta Bandara Sampai Kebumen

Eko menyebut, dengan adanya 30 trip melalui Staisun Wojo, sudah sangat mengakomodir kebutuhan penumpang dari dan ke Yogyakarta.

Ia mengaku siap saat penerbangan seluruhnya dari Bandara Internasional Adisutjipto akan dipindahkan sepenuhnya ke YIA pada 2020 mendatang.

"Saya rasa cukup (30 trip). Jamnya juga sudah mulai pukul 04.00 dan full menyesuaikan dengan penerbangan," bebernya.

Meski sebanyak 30 trip telah siap melayani pengguna jasa kereta api, Eko tak menampik bahwa okupansi untuk kereta api bandara sendiri belum ada setengahnya alias tingkat okupansi masih berada di 30-35 persen.

"Itu karena penerbangan di YIA belum full. Lalu kereta api bandara pelanggannya masih belum yang benar-benar akan naik pesawat, jadi masih yang ingin mencoba. Misal hari-hari tertentu banyak anak TK dan PAUD yang naik untuk pengalaman mereka," terang Eko.

Kereta Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan Beroperasi Akhir Tahun

Ia menuturkan, tarif kereta bandara sampai dengan saat ini masih merupakan harga promo yakni Rp 15ribu dari harga normal Rp 30ribu.

Eko menambahkan bahwa harga promo tersebut masih akan berlaku hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Ketika nanti penerbangan sudah pindah ke YIA, kami optimis okupansi kereta bandara akan tinggi karena kalau pakai kereta bandara waktu tempuh akan lebih cepat. Perjalanan menggunakan jalan raya mencapai 1,5-2jam dari Yogya ke YIA. Tapi dengan kereta dari tugu sampai Wojo yakni 32 menit," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved