Bantul

Sosialisasi 4 Pilar, Gandung Pardiman Ajak Masyarakat Bumikan Pancasila

Anggota MPR RI, Gandung Pardiman menggelar kegiatan sosialisasi 4 Pilar di Pendopo GPC, Karangtengah, Kecamatan Imogiri, Bantul.

Sosialisasi 4 Pilar, Gandung Pardiman Ajak Masyarakat Bumikan Pancasila
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Anggota MPR RI, Gandung Pardiman menggelar kegiatan sosialisasi 4 Pilar di Pendopo GPC, Karangtengah, Kecamatan Imogiri, Bantul, Minggu (01/12/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Anggota MPR RI, Gandung Pardiman menggelar kegiatan sosialisasi 4 Pilar di Pendopo GPC, Karangtengah, Kecamatan Imogiri, Bantul, Minggu (01/12/2019).

Dalam sosialisasi yang diikuti ratusan elemen masyarakat itu, Gandung menekankan pentingnya agar senantiasa membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita akan gencar sosialisasikan Pancasila. Agar meresap dan menusuk relung basis hidup kemasyarakatan," kata dia, saat sosialisasi 4 Pilar, Minggu (01/12/2019).

Menurut dia, masing-masing pribadi harus senantiasa mampu mengendalikan diri.

Kementerian LHK RI dan Gandung Pardiman Serahkan Bantuan 80 Motor Sampah di Imogiri Bantul

Mengendalikan diri yang didasari dan dijiwai oleh Ketuhanan yang maha esa.

Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Itu semua menjiwai pengendalian diri kita, dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ucap dia.

Gandung berpendapat bahwa seorang pancasilais harus memiliki kemampuan mengendalikan diri.

Gandung Pardiman Serahkan Bantuan 3 Mobil Ambulans pada Yayasan di Yogyakarta

Kalau ada orang yang mengatakan bahwa dirinya pancasilais namun tidak memiliki kemampuan mengendalikan diri dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak, maka dia sebenarnya belum Pancasilais.

"Saya juga kemampuannya masih tipis, sebab itu mari kita sama sama menebalkan kemampuan pengendalian diri itu. Pengendalian diri yang dijiwai dan dilandasi oleh nilai-nilai oleh Pancasila," ujar dia.

Dalam kesempatan penutup, Politisi Partai Golkar itu menekankan juga pentingnya merawat dan mempertahankan Pancasila.

UNBOXING KULINER: Snack Hits Super Ekonomis di Jogja

Ia mewanti-wanti agar masyarakat waspada terhadap golongan yang memiliki kecenderungan untuk memeras Pancasila, menjadi Trisela maupun Ekasila.

"Kalau ada orang, Pancasila mau diperas menjadi tri sela, eka sila. Maka harus diwaspadai. Nggak usah dirembug. Karena ini akan menjadi problem besar," tegas dia.

Sosialisasi empat pilar di Pendopo GPC Karangtengah Imogiri Bantul itu turut dihadiri sejumlah tokoh, antara lain Ketua Pemenangan pemilu DPD 1 Golkar DIY Johanes S Keban, Dosen UGM, Agus Wahyudi dan Djoko Dwiyanto.

Mereka adalah para narasumber yang memaparkan tentang pentingnya Pancasila sebagai ideologi dasar dalam kehidupan bernegara. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved