Travel

Menikmati Eksotisnya Situs Warungboto, Tempat Peristirahatan Keluarga Kerajaan Ngayogyakarta

Menikmati Eksotisnya Situs Warungboto, Tempat Peristirahatan Keluarga Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat

Menikmati Eksotisnya Situs Warungboto, Tempat Peristirahatan Keluarga Kerajaan Ngayogyakarta
Tribun Jogja/Yudha Kristiawan
Suasana Situs Warungboto di akhir pekan. Beberapa wisatawan terlihat berfoto ria di sudut sudut situs yang dianggap menarik. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Matahari masih cukup terik di akhir pekan terakhir bulan November kemarin, meskipun waktu sudah menunjukkan sore bakal segera tiba.

Beberapa orang nampak asik berfoto ria. Ada yang memilih latar sebuah jendela berbentuk melengkung serupa serambi surau, sebagian lagi di anak tangga.

Pemandangan ini ada di Situs Warungboto yang berada di Jalan Veteran, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

Situs yang pengelolaanya di bawah Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta ini belakangan diminati menjadi tempat mengambil foto maupun video untuk beragam keperluan.

Situs ini selain memiliki aset objek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi dan dipelajari, juga memiliki daya tarik utama sebagai lokasi hunting foto karena memiliki desain bangunan yang unik, khas zaman kerajaan era awal pemerintahan Sultan Hamengkubuwono.

Lesti dan Maya adalah salah dua wisatawan yang sore itu berkunjung.

Mahasiswi sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini sengaja menyempatkan datang ke Situs Warungboto pada sore hari dengan harapan bisa mendapatkan foto terbaik.

Roket Rilis Album Perdana Kolaboratif Featuring Eros Sheila On 7

Keduanya tertarik berkunjung ke situs ini setelah melihat foto foto yang diunggah di media sosial. Bagi Lesti dan Maya, bangunan di situs ini yang sudah dimasukkan dalam cagar budaya memiliki desain yang instagramable.

"Terutama pas di jendela-jendala yang bentuknya setengah lingkaran ini, mirip yang ada di taman sari, bagus buat foto foto. Untuk sejarahnya juga menarik untuk disimak karena dulunya bagian dari bangunan hunian keluarga kerajaan," kata Lesti.

Suasana Situs Warungboto di akhir pekan. Beberapa wisatawan terlihat berfoto ria di sudut sudut situs yang dianggap menarik.
Suasana Situs Warungboto di akhir pekan. Beberapa wisatawan terlihat berfoto ria di sudut sudut situs yang dianggap menarik. (Tribun Jogja/Yudha Kristiawan)

Senada diungkapkan Maya, dara asal Kepulauan Riau ini sepakat bangunan Situs Warungboto cocok sebagai salah satu lokasi hunting foto bagi mereka yang hobi berfoto seperti dirinya.

Halaman
123
Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved