Jawa

Ternyata Pelamar Bisa Gagal Seleksi Administrasi CPNS Hanya karena Kesalahan Dasar

Sampai hari terakhir penutupan pendaftaran CPNS, berkas yang masuk meja verifikator panitia seleksi CPNS tercata 10.469 pelamar.

Ternyata Pelamar Bisa Gagal Seleksi Administrasi CPNS Hanya karena Kesalahan Dasar
Dok Pemkab Klaten
Suasana verifikasi dengan mengecek kelengkapan dan keaslian berkas yang masuk di kantor Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Masa pendaftaran CPNS di lingkungan Kabupaten Klaten resmi ditutup Selasa malam (26/11/19) pukul 23.59 WIB.

Sampai hari terakhir penutupan pendaftaran CPNS, berkas yang masuk meja verifikator panitia seleksi CPNS tercata 10.469 pelamar. 

Tugas tim verifikator saat ini adalah mengecek kelengkapan dan keaslian berkas yang masuk.

Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pengembangan  Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Tamtama menjelaskan hasil tim verifikator menyebutkan ada tiga kesalahan dasar yang menyebabkan pelamar gagal lolos seleksi administrasi.

Penjelasan BKN Soal Masa Sanggah Setelah Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2019

“Ada tiga kesalahan dasar yang dilakukan pelamar sehingga berkas lamaran dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS. Kebanyakan pelamar salah menentukan jenis formasi dengan pendidikan atau kualifikasi yang tidak sesuai dengan formasi. Kesalahan kedua adalah scan berkas yang tidak asli dan tidak lengkap.  Misalnya bukan ijazah atau KTP asli yang discan” jelas Tamtama, Jumat (29/11/19).

Tamtama menambahkan kesalahan ketiga yang banyak dilakukan pelamar adalah surat lamaran ditujukan kedaerah lain. 

Namun dari tiga kesalahan administrasi itu ketidaksesuaian pendidikan dengan formasi paling banyak dilakukan pelamar.

“Saat ini panitia masih melakukan tahap verifikasi berkas.  Masih ada 3.000 berkas yang belum disentuh.  Mohon doanya mas semoga lancar” pinta Tamtama.

Informasi yang dapat dihimpun dari Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Klaten dari berkas masuk  setelah penutupan pendaftaran tercatat ada 10.469 lamaran. 

Formasi pendidikan tercatat 5.336 pelamar, formasi kesehatan ada 1.514 pelamar dan teknis lainnya ada 3.415 pelamar.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved