Gunungkidul

Pilkada 2020 : 4 Orang Berminat Maju Calon Bupati Gunungkidul Melalui Jalur Independen

Keempat calon tersebut telah berkonsultasi dengan KPU terkait dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi jika akan berkompetisi melalui jalur independen

Pilkada 2020 : 4 Orang Berminat Maju Calon Bupati Gunungkidul Melalui Jalur Independen
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangagribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Sebanyak empat orang berminat menjadi calon Bupati Gunungkidul melalui jalur independen.

Keempat calon tersebut telah berkonsultasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul terkait dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi jika akan berkompetisi melalui jalur independen.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, keempat orang tersebut datang dalam waktu yang berbeda.

"Dua orang sudah datang ke KPU Gunungkidul sudah agak lama, sedangkan dua lagi belum lama ini datang ke KPU untuk mencari tahu syarat-syarat maju sebagai calon bupati melalui jalur independen," katanya, saat dihubungi Tribunjogja.com melalui pesan singkat, Kamis (28/11/2019).

Bawaslu Gunungkidul : PNS Bisa Daftar Sebagai Panwascam pada Pilkada 2020

Hani menuturkan saat ini ada perubahan Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil, bupati beserta wakil bupati.

"Ada ketentuan lampiran yang diubah seperti pembentukan dan masa kerja panitia pemilih kecamatan, penyerahan daftar penduduk potensial pemilih, penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih, pemenuhan peryaratan dukungan pasangan calon perseorangan, pengumuman pendaftaran pasangan calon, pelaksanaan pemungutan suara," paparnya.

Namun sambungnya, untuk syarat maju sebagai calon dari jalur perseorangan atau independen syaratnya tidak ada perubahan.

"Untuk maju sebagai calon bupati dari jalur perseorangan minimal mengumpulkan sebanyak 45.443 dukungan yang tersebar minimal di 10 kecamatan di Gunungkidul," katanya.

"Belum bisa kami sampaikan ke 4 orang yang berkonsultasi ke kami untuk maju sebagai calon bupati melalui jalur perseorangan. Kita tunggu kedepan akan menyerahkan syarat atau tidak," imbuhnya.

UNBOXING KULINER: Snack Hits Super Ekonomis di Jogja

Sementara itu Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntrariningsih mengatakan saat ini PDIP masih menunggu hasil penjaringan yang telah dilakukannya beberapa waktu lalu.

"Kami masih menunggu rekomendasi dari DPP PDIP untuk siapa calon yang maju sebagai calon bupati Gunungkidul begitu pula terkait dengan dengan siapa nantinya kami akan berkoalisi pada Pilkada 2020 mendatang," katanya.

Hal serupa juga diutarakan oleh Sekretaris DPR Nasdem, Suharno untuk siapa calon yang akan bertarung pada PIlkada 2020 mendatang pihaknya masih menunggu rekomendasi dari DPP partai Nasdem.

"Kami masih menunggu rekomendasi, untuk kapan rekomendasinya belum bisa disampaikan nanti kalau sudah ada rekomendasi akan kami kabari lagi," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved