Yogyakarta

BREAKING NEWS: Landasan Pacu Bandara Adisutjipto Rusak, Penerbangan Sempat Terganggu

18 aktivitas penerbangan terganggu akibat penutupan landasan pacu Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada Jumat (29/11/2019) pagi ini.

BREAKING NEWS: Landasan Pacu Bandara Adisutjipto Rusak, Penerbangan Sempat Terganggu
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melakukan penutupan landasan pacu pada Jumat (29/11/2019) pagi ini.

Dampaknya, 18 aktivitas penerbangan pun terganggu.

General Manager PT Angkasa Pura (AP) 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama menjelaskan penutupan landasan dilakukan pukul 06.43 WIB hingga 09.30 WIB.

Aspal Landasan Bandara Adisutjipto Mengelupas, Mahfud MD Terlambat Isi Kuliah Umum di Trisakti

"Penutupan kami lakukan lantaran ada weakspot (kerusakan) pada posisi 1,030 meter dari sisi utara runway 09 dan lebih dari 5 meter dari center line," jelas Pandu melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com siang ini.

Perbaikan pun langsung segera dilakukan, di mana sebelumnya seluruh area dibersihkan (clear) dan operasional penerbangan ditunda.

Dari 18 penerbangan, enam di antaranya holding on ground, delapan penerbangan divert (dialihkan), dua penerbangan kembali ke apron, dan dua lainnya holding di udara.

"Setelah perbaikan dilakukan, akitivitas penerbangan kembali dibuka dan saat ini sudah berjalan normal sekitar pukul 09.00 WIB," jelas Pandu.

UNBOXING KULINER: Snack Hits Super Ekonomis di Jogja

Terganggunya aktivitas penerbangan di Adisutjipto juga diinformasikan oleh Menko Polhukam RI Mahfud MD melalui akun Twitter resminya.

Mahfud sedianya akan mengisi kuliah umum di Universitas Trisakti Jakarta pagi ini.

Namun penerbangan pesawat yang ia tumpangi harus tertunda.

"Jam 6 saya sudah duduk di pesawat Garuda dari Yogya, tapi pesawat tak bisa terbang karena aspal landasan mengelupas dan harus nunggu selama 2,5 jam," demikian pernyataan Mahfud sekitar pukul 07.12 WIB. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved