Pendidikan

Dorong Prestasi dan Karir Mahasiswa, Kemampuan Public Speaking Ternyata Penting Juga Lho

Seiring pesatnya perkembangnya zaman, seseorang dituntut tak hanya memiliki satu keahlian saja. Seseorang perlu memiliki keahlian lain terlebih softsk

Dorong Prestasi dan Karir Mahasiswa, Kemampuan Public Speaking Ternyata Penting Juga Lho
Istimewa
Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus Reviewer beasiswa LPDP, Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D berfoto bersama peserta usai menjadi narasumber dalam 'Upgrading Class: Presentasi dan Public Speaking' yang diselenggarakan oleh Forestry Study Club (FSC) dan Perpustakaan Fakultas Kehutanan UGM di Ruang VII, Kamis (28/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Seiring pesatnya perkembangnya zaman, seseorang dituntut tak hanya memiliki satu keahlian saja. Seseorang perlu memiliki keahlian lain terlebih softskills.

Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus Reviewer beasiswa LPDP, Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D menuturkan melatih maupun menabung softskills, termasuk public speaking merupakan hal penting yang perlu dilakukan sejak mahasiswa baru.

Salah satu caranya melalui presentasi yang memukau dosen dan mahasiswa lain.

Siang Ini, Seminar Powerful Public Speaking di FEB UGM

"Ketrampilan komunikasi ini sangat dibutuhkan, baik di masa kuliah, meniti karir maupun berkeluarga. Berbagai permasalahan dapat diatasi dengan softskills yang memadai," paparnya saat menjadi narasumber dalam Upgrading Class: Presentasi dan Public Speaking yang diselenggarakan oleh Forestry Study Club (FSC) dan Perpustakaan Fakultas Kehutanan UGM di Ruang VII, Kamis (28/11/2019).

Caranya bisa dilakukan saat hadir kuliah di kelas.

Seharusnya momen tersebut bisa menjadi ajang untuk mempromosikan diri secara optimal.

Seorang mahasiswa jangan hanya menggugurkan kewajiban untuk presensi.

Padahal, lanjut Atus, bekal public speaking dan kemampuan presentasi yang bagus, mahasiswa bisa menjelaskan, bertanya bahkan menjawab pertanyaan dosen dengan mempesona.

Caranya dengan menggunakan bahasa yang baik, suara bernada irama, dan mampu memperlihatkan keluasan wawasan.

Untuk itu, Atus mengajak agar mahasiswa pandai-pandai menampilkan (memamerkan) kemampuan terbaiknya, karena dosen dan teman belajar menjadi perekomendasi terbaik di kelas.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved