Kota Magelang

Kader LPMK Diminta Aktif dalam Perencanaan Pembangunan

Para kader Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) diminta untuk meningkatkan peran aktifnya, khususnya dalam perencanaan pembangunan daerah.

Kader LPMK Diminta Aktif dalam Perencanaan Pembangunan
Dok Humas Pemkot Magelang
Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan Partisipatif Masyarakat Kelurahan (P3MK) yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB) Kota Magelang di Hotel Atria Magelang, Selasa (26/11/2019) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Para kader Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) diminta untuk meningkatkan peran aktifnya, khususnya dalam perencanaan pembangunan daerah.

Ini penting karena lembaga ini yang memiliki akses langsung dengan warga di tingkat kelurahan.

Hal itu dikatakan Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono, dalam Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan Partisipatif Masyarakat Kelurahan (P3MK) yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB) Kota Magelang di Hotel Atria Magelang, Selasa (26/11/2019) lalu.

“Maka, saya minta para kader LPMK bisa serius mengikuti bimtek ini. Pelajari betul materi yang diberikan narasumber, agar ilmu yang diperoleh nanti dapat diaplikasikan dan diimplementasikan sebagai mitra kerja kelurahan, sehingga lebih terarah, terpadu, dan terkendali,” ujarnya.

Maulid Nabi Momentum Jalin Keharmonisan Pemerintah dan Masyarakat

Dalam kesempatan ini, Joko menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Administrasi LPMK tingkat Kota Magelang.

Juara pertama diraih LPM Kelurahan Kramat Utara dengan hadiah Rp 1.250.000, juara 2 LPM Kelurahan Gelangan (Rp 1 juta), dan juara 3 LPM Kelurahan Potrobangsan (Rp 750.000).

Menurut Joko, lomba ini wujud penghargaan Pemkot Magelang kepada LPMK di Kota Sejuta Bunga.

Ia mengungkapkan, mulai tahun 2019 ini telah dianggarkan honorarium per bulan bagi Ketua LPMK dan Ketua DPD LPM sebesar Rp 200.000 per bulan.

“Untuk membantu dan memfasilitasi LPMK, khususnya untuk kegiatan rapat koordinasi akan diberikan bantuan jamuan rapat sebesar Rp 2.970.000 per LPMK. Rencana tahun 2021 untuk honorarium, hadiah lomba LPMK, dan fasilitasi LPMK untuk kegiatan rapat akan dinaikkan,” jelasnya.

LPMK Berharap Turut Dilibatkan Dalam Pengelolaan Dana Kelurahan

Plt Kepala DPMP4KB Kota Magelang, Retno Rini Sariningrum menjelaskan, bimtek ini guna meningkatkan peran aktif kader LPMK dalam perencanaan pembangunan partisipatif daerah. Juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan kader, sehingga dapat lebih berperan aktif lagi.

“Kami harap ilmu atau ketarampilan yang didapt melalui kegiatan ini dapat diterapkan, sehingga hasil pembangunan dapt dinikmati secara optimal oleh masyarakat,” tuturnya yang menyebutkan, bimtek diikuti 85 pengurus dari masing-masing LPMK yang ada.

Dalam bimtek ini, pihaknya menghadirkan sejumlah narasumber.

Antara lain Widiatmoko dari Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Udi Kurniawan dari Disperkim Kota Magelang, dan Adi Isa Murti dari Bappeda Kota Magelang.

Lalu bimtek dimoderatori oleh RR Sri Mulatsih, Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMP4KB Kota Magelang. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved