Sleman

Pengamat Politik Sebut Munculnya Figur Muda di Sleman Bisa Patahkan Oligarki Politik Lama

Kontestasi politik di pilkada Sleman harus didorong untuk mematahkan kekuatan oligarki politik lama.

Pengamat Politik Sebut Munculnya Figur Muda di Sleman Bisa Patahkan Oligarki Politik Lama
istimewa
Baliho nama tokoh mulai muncul di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Akhir-akhir ini di wilayah Sleman mulai banyak bertebaran baliho-baliho yang mengusung nama tokoh.

Bukan tak mungkin munculnya nama tokoh tersebut untuk mempersiapkan diri dalam kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020 mendatang.

Pasalnya proses penjaringan di partai politik untuk mengusung pasangan calon Bupati/Wakil Bupati saat ini sudah dimulai.

Di antara baliho yang muncul adalah nama putra politisi nasional Amien Rais yakni Mumtaz Rais serta Supriyanto yang merupakan kader PDI Perjuangan sekaligus Relawan Jokowi di tingkat pusat.

PDIP Belum Putuskan Bakal Calon Bupati di Pilkada Bantul 2020, Ini Penjelasan Hasto Kristiyanto

Munculnya baliho Supriyanto dan Mumtaz Rais di perempatan Kentungan, Ring Road Utara, Jalan Kaliurang, Sleman bahkan sudah banyak mendapat perhatian publik dan sempat viral di media sosial.

Pengamat politik UIN Sunan Kalijaga Dr Abdur Rozaki, turut berkomentar terkait munculnya figur muda dan baru tersebut.

Ia menyebut, kontestasi politik di pilkada Sleman harus didorong untuk mematahkan kekuatan oligarki politik lama yang dalam beberapa dekade terakhir tidak banyak membuat inovasi dan gebrakan lainnya di dalam perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Muncul figur politik muda juga harus dilihat dalam konteks dua hal, apakah ia menjadi bagian dari kepanjangan oligarki politik lama, ataukah kekuatan baru yang akan menghadirkan kebijakan kesejahteraan baru di dalam masyarakat.

Burung Si Puter Jadi Maskot Pilkada Bantul

"Ada anak muda yang muncul sebagai bagian dari reprsentasi oligarki politik lama, yang tidak akan memberikan banyak perubahan di dalam masyarakat, seperti figur Mumtaz Rais, ada anak muda yang berupaya mematahkan jalinan oligarki lama menuju harapan baru masyarakat akan perbaikan keadilan di dalam masyarakat. sebaiknya anak muda seperti Supriyanto membangun representasi publik semacam ini," ujar Rozaki, belum lama ini.

Sementara itu, beberapa nama mencuat untuk memanaskan persaingan politik menuju Pilkada Sleman 2020 mendatang.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved