Jawa

Pemerintah Kota Magelang Akan Renovasi Rumah Pasien Tuberkulosis

Pihaknya pun akan membantu kebutuhan sehari-hari keluarga pasien tersebut, termasuk membebaskan biaya sewa atau kontrak rumah setahun ke depan.

Pemerintah Kota Magelang Akan Renovasi Rumah Pasien Tuberkulosis
Istimewa
Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono, bersama tim gabungan mendatangi rumah pasien Tuberkulosis (TB) yang ada di Kampung Karanggading, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Senin (25/11/2019). Rumah ini rencananya akan direnovasi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang akan merenovasi rumah pasien Tuberkulosis (TB) yang ada di Kampung Karanggading, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang.

Renovasi dilakukan agar warga yang mengidap TB dapat tinggal dengan layak dan dalam kondisi sehat.

"Kami mendatangi rumah seorang pasien Tuberkulosis (TB) di Kampung Karanggading, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang. Atas laporan masyarakat bahwa ada seorang warga menderita TB yang tinggal dalam rumah yang kurang layak," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular DKK Magelang, Lilik Sunarto, Senin (25/11/2019).

Satu Desa di Magelang Gagal Selenggarakan Pilkades

Sunarto menuturkan, tak lama atas laporan masyarakat, pasien TB tersebut langsung ditangani secara intensif di RSUD Tidar Kota Magelang.

Saat petugas melihat rumahnya, ternyata dalam kondisi yang tidak sehat dan minim sirkulasi udara.

“Pasien sudah ditangani oleh dokter di RSUD Tidar. Sekarang kami datangi rumah tinggalnya dan ternyata kondisi rumah tidak sehat, minim sirkulasi udara," tuturnya.

Penyebaran TBC Masih Tinggi, Masyarakat Diminta untuk Kenali Gejalanya

Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Bagian Kesra, Bagian Humas, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Satpol PP, Camat Magelang Selatan, dan kelurahan pun akan merenovasi rumah pasien TB tersebut.

Renovasi dilakukan dengan membuka akses pencahayaan dan membuat ventilasi agar aliran sirkulasi udara.

Pasalnya, kondisi rumah sangat lembab sehingga sangat berpotensi menimbulkan penyakit.

Halaman
123
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved