Pemkab Klaten Raih Empat Penghargaan Nasional Bidang Pariwisata, Piagam WTP, SIPD dan Smart City

Pemkab Klaten berhasil meraih empat penghargaan bergengsi tingkat nasional di penghujung tahun 2019.

Pemkab Klaten Raih Empat Penghargaan Nasional Bidang Pariwisata, Piagam WTP, SIPD dan Smart City
Dok. Pemkab Klaten
Bupati Klaten Sri Mulyani menerima Anugerah Pesona Indonesia (API) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT Ayo Jalan Jalan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berhasil meraih empat penghargaan bergengsi tingkat nasional di penghujung tahun 2019.

Masing-masing dalam bidang pariwisata, pengelolaan keuangan daerah, SIPD dan Smart City. 

Pertama, di bidang pariwisata, Pemkab Klaten berhasil meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT Ayo Jalan Jalan. 

Penghargaan API untuk Kabupaten Klaten diterima langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten Wahyu Prasetyo pada malam penghargaan API 2019 yang diadakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf  RI, Jakarta Pusat, Jumat malam (22/11/2019). 

"Klaten berhasil meraih API 2019 untuk kategori situs sejarah terpopuler sebagai juara II karena mempunyai warisan situs sejarah Candi Plaosan yang kini menjadi obyek wisata andalan di Kabupaten Klaten," kata Wahyu Prasetyo saat dikonfirmasi, Sabtu siang (23/11/2019).

Kedua, untuk pengelolaan keuangan daerah, Pemkab Klaten berhasil meraih piagam Wajar Tanpa Pengecualaian (WTP) dari Kementerian Keuangan RI yang diserahkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Wilayah Semarang, Sulaimansyah, yang diterima langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani di Ruang B2 Setda Klaten, Jumat  (15/11/2019). 

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Klaten, Muh Himawan Purnomo, menjelaskan, piagam WTP ini merupakan penghargaan tertinggi atas pengelolaan keuangan dalam hal Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Klaten Tahun Anggaran (TA) 2018 yang diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. 

"Dengan meraih piagam WTP, Pemkab Klaten mendapat  apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yaitu untuk TA 2020 Kabupaten Klaten memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp51 miliar," kata  Muh Himawan Purnomo.

Ketiga, Pemkab Klaten juga berhasil meraih penghargaan dari  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bersama sembilan Pemerintan Daerah lainnya yang telah berhasil mengintegrasikan pengerjaan dan penganggaran berbasis elektronik ke dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). 

Halaman
12
Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved