Sleman

Pemkab Sleman Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Pemkab Sleman Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten Sleman terus torehkan prestasi di tingkat nasional dan kali ini meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Bupati Sleman, Sri Purnomo menyampaikan bahwa tahun 2019 merupakan keenam kalinya Kabupaten Sleman ikut serta dalam penyelenggaraan KKS.

Pada tahun 2009, Kabupaten Sleman berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dalam penyelenggaraan KKS dengan klasifikasi pemantapan dengan tatanan yang terpilih yaitu ketahanan pangan dan gizi serta kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.

Pemkab Sleman Jadi Percontohan Digitalisasi Pemerintah Daerah Melalui e-Retribusi

Kemudian pada tahun 2011 Kabupaten Sleman memperoleh Swasti Saba Wiwerda, dengan klasifikasi pembinaan untuk empat tatanan terpilih yaitu ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, kawasan permukiman sarana prasarana sehat dan kawasan pariwisata sehat.

Kemudian pada tahun 2013 Kabupaten Sleman kembali memperoleh Swasti Saba Wiwerda dengan lima tatanan yang terpilih yaitu kawasan permukiman sarana prasarana sehat, ketahanan pangan dan gizi, kawasan pariwisata sehat, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

Sedangkan pada tahun 2015 sampai dengan tahun ini 2019, Kabupaten Sleman berhasil mempertahankan penghargaan tertinggi dalam penyelenggaraan KKS, yaitu penghargaan Swas Saba Wistara dengan tujuh tatanan yang dipilih yaitu pemukiman sarana dan prasarana sehat, sarana lalu lintas tertib transportasi, pariwisata sehat, industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta, kehidupan sosial yang sehat.

"Alhamdulillah Kabupaten Sleman kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya dan bisa dipertahankan oleh Kabupaten Sleman," jelas Sri Purnomo, Selasa (19/11/2019).

UNBOXING KULINER: Snack Hits Super Ekonomis di Jogja

Sri Purnomo juga menyebut bahwa penghargaan yang diraih Kabupaten Sleman ini tidak terlepas dari kerja keras banyak pihak baik Pemerintah, swasta dan juga masyarakat yang bekerja bersama dalam mewujudkan Kabupaten Sehat.

Dengan diraihnya penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya oleh Kabupaten Sleman, Bupati berharap dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kesadaran terkait kesehatan lingkungan.

Sementara itu, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Muhammad Hudori sekaligus ketua panitia penghargaan KKS 2019 menuturkan bahwa terdapat peningkatan jumlah pengajuan penyelenggaraan KKS 2019. Jika di tahun 2017 terdapat 173 Kabupaen/Kota, pada tahun 2019 ini terdapat 202 Kabupaten/Kota.

Dan dari hasil evaluasi penyelenggaraan KKS tahun 2019 terdapat enam Provinsi pembina KKS terbaik, 88 Kabupaten/Kota menerima Swasti Saba Wistara, 29 Kabupaten/Kota Wiwerda, 60 Kabupaten/Kota Swasti Saba Padapa. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved