Kota Yogyakarta

Pemkot Yogya Raih Empat Kategori RKCI

Pemkot Yogyakarta berhasil menggondol 4 kategori dalam riset yang dilakukan oleh tim evaluasi dari ITB tentang Rating Kota Cerdas Indonesia

Pemkot Yogya Raih Empat Kategori RKCI
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berhasil menggondol empat kategori dalam riset yang dilakukan oleh tim evaluasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tentang Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) pada Oktober lalu.

RKCI merupakan suatu penilaian untuk menetapkan evaluasi bagi sejumlah kota dalam penerapan smart city.

Sehingga, pengambil kebijakan dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan untuk merumuskan kebijakan yang efektif bagi masyarakat.

Kota Yogya telah tiga kali ikut serta dalam program evaluasi tersebut. Adapun hasil yang ditunjukkan menggambarkan tren yang menarik dari tahun ke tahun.

Kepala Bidang Teknologi dan Informatika Diskominfo Sandi Kota Yogya, Suciati Sah mengatakan, evaluasi dibagi ke dalam tiga kategori yakni kota besar, sedang dan juga kecil.

Kota Yogya masuk dalam kategori kota sedang karena jumlah penduduk yang berjumlah 200 ribu - satu juta jiwa.

Pelamar CPNS Pemkot Yogyakarta Bisa Menyertakan Surat Sehat dari Puskesmas

Tahap yang diikuti pada saat penilaian meliputi, evaluasi mandiri lewat pengisian form, kemudian masuk pada tahap satu yakni validasi dengan melibatkan semua organisasi perangkat daerah (OPD).

"Dari sembilan kategori, kota Yogya masuk dalam empat kategori yakni kota menuju cerdas, smart ekonomi, pengembangan dan pengelolaan kota, serta kesiapan integrasi," kata Suci, Kamis (21/11/2019).

Suci menjelaskan, tiap-tiap kategori mempunyai sejumlah program unggulan sehingga mampu mendongkrak penilaian.

Seperti program JSS yang masuk dalam kesiapan integrasi, serta gerakan gandeng gendong yang masuk dalam smart ekonomi.

Sementara pada lima kategori lain yang mesti ditingkatkan adalah diantaranya mengenai sosial kerja, lingkungan kerja, kesehatan kerja, keamanan dan juga kebencanaan kota.

Maka itu, perlu dukungan semua pihak guna mewujudkan semua indikator dan kategori dapat tercapai.(Tribunjogja/Yosef Leon Pinsker)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved