Jawa

BPBD Klaten Temu Relawan Penanggulangan Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten menggelar temu relawan penanggulangan bencana di Shelter Desa Menden, Kecamatan Kebonaru

BPBD Klaten Temu Relawan Penanggulangan Bencana
Dok Pemkab Klaten
Bupati Klaten Sri Mulyani menghadiri temu relawan penanggulangan bencana di Shelter Desa Menden, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Selasa (19/11/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Klaten menggelar temu relawan penanggulangan bencana di Shelter Desa Menden,  Kecamatan Kebonarum, Selasa (19/11/2019).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Klaten Sip Anwar dalam laporannya mengatakan, temu relawan penanggulangan bencana mengambil tema Peningkatan kapasitas relawan untuk mengembangkan forum pengembangan resiko bencana di Kabupaten Klaten.  

Komunitas relawan yang hadir antara lain dari Semut Geni Klaten, Taruna Siaga Bencana Indonesia, Tagana Kementerian Soail, Tim Komunikasi Cepat RAPI, Orari, Gaden Reaksi Cepat dan relawan lainnya yang jumlahnya sekitar 550 relawan. 

Dinkes Klaten Luncurkan Aplikasi Matur Dokter

"Tujuan temu relawan penanggulangan bencana untuk koordinasi dalam menghadapi kondisi cuaca dan iklim yang berkembang. Apalagi Klaten selama ini rawan bencana alam seperti erupsi Merapi, angin puting beliung, tanah longsor,  banjir, kekeringan," kata Sip Anwar

Saat ini, kata Sip Anwar, musim kemarau akan segera berakhir dan akan segera masuk musim penghujan,  sehingga memerlukan kewaspadaan semua.

Ke depan BPBD Klaten akan mengadakan pengadaan alat penanggulangan bencana seperti mesin singso 55 unit, jas hujan, sepatu but, dan senter untuk penanganan bencana alam di Klaten. 

Dijelaskan, logo segitiga biru yang merupakan logo Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggambarkan bahwa bencana dihadapi antara tiga pilar baik pemerintah, dunia usaha,  dan masyarakat termasuk relawan.

Untuk itu semua relawan agar bahu membahu dalam rangka mewujudkan Klaten yang tangguh dalam menghadapi bencana. 

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, atas nama pribadi dan Pemkab Klaten menyambut baik temu relawan penanggulangan bencana.

Pemkab Klaten Alokasikan 15 Kursi untuk Pelamar CPNS Difabel, Semuanya Formasi Tenaga Guru

Pemkab Klaten berterimakasih karena punya relawan yang siap siaga membantu penanganan bencana tanpa pamrih dan tanpa gaji. 

Bupati juga berpesan para relawan agar menjaga kesehatan sehingga saat musim hujan siaga dalam menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi.

"Kalau Merapi meletus, semoga tidak membawa bencana bagi masyarakat," imbuhnya.

Adapun, pada tahun 2020 BPBD akan dibangun dan dilengkapi dengan aula sehingga nantinya dapat digunakan temu relawan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved