Jogja Festivals Forum & Expo, Ajang Para Pegiat Festival di Yogyakarta

JFFE akan digelar selama tiga hari, tepatnya pada 19 - 21 November 2019 di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo Yogyakarta.

Jogja Festivals Forum & Expo, Ajang Para Pegiat Festival di Yogyakarta
Tribun Jogja/ Andreas Desca
Jumpa pers Jogja Festivals Forum & Expo 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jogja Festivals Forum & Expo (JFFE) akan digelar selama tiga hari, tepatnya pada 19 - 21 November 2019 di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo Yogyakarta.

"Jogja Festivals Forum & Expo (JFFE) ini mempunyai tujuan menjadi penghubung dan ruang presentasi representatif pegiat Festival di Jogja, serta stakeholders di Indonesia dan Mancanegara," ujar Hari Pemad selaku Ketua Jogja Festival, Senin (18/11/2019).

Ia menyampaikan akan ada beragam kegiatan pada JFFE ini, antara lain Festival Expo, Workshop, Kelas Panel Presentasi Festival, Presentasi Stakeholder, FGD – Ekosistem Festival dan 1 on 1 Meeting.

"Festival Expo akan diikuti oleh sekitar 22 festival yang telah terkurasi, memiliki materi program dan konsep yang jelas untuk penyelenggaraan tahun 2020 mendatang," katanya.

Lanjutnya kemudian ada Presentasi Festival yang merupakan sebuah program di JFFE dimana para penyelenggara festiva diberi kesempatan mempresentasikan tujuan dan detil event di depan stakeholders.

"Nantinya stakeholders dapat memilih dan melanjutkan detil presentasi di program 1 on 1 Meeting, dengan harapan akan terjalin kesepakatan dan kerjasama di sini," jelasnya.

Ia meneruskan bahwa ada pula kegiatan Presentasi Stakeholders.

33 Patung Hiasi Garis Imajiner Yogyakarta

"Di program ini lembaga atau institusi diberi kesempatan mempresentasikan kebutuhan dan kemungkinan-kemungkinan kolaborasi yang dapat dilakukan dengan penyelenggara festival," katanya.

Selain itu di sini akan dibahas pula strategi-strategi untuk mendapat dukungan dari lembaga atau institusi, yang akan bermanfaat bagi para pegiat festival.

Tak ketinggalan pada kesempatan ini para festival inisiator JFFE juga akan mengadakan Creative Sharing dengan tema Festive Your Passion dan Creative Cultural Hub & Hack bersama insan pegiat festival di Yogyakarta antara lain Anas Alimi, Ajie Wartono, Lulut Wahyudi, Ria Papermoon, Kamila Andini, Heri Pemad dengan moderator Aan Fikriyan dan Ari Wulu.

Selain itu diluar kegiatan forum ada pula expo sebagai ajang presentasi festival, pasar merchandise, open air cinema dan workshop yang dapat dinikmati pengunjung umum secara gratis untuk mengenal lebih dekat festival-festival yang ada di Yogyakarta ini.

Jogja Festivals Forum & Expo (JFFE) ini tidak lepas dari peran penyelenggaranya yakni Jogja Festivals yang merupakan sebagai satu-satunya platform strategis untuk festival di Indonesia yang didirikan oleh 15 festival terbaik Yogyakarta.

Selain itu Jogja Festivals juga telah menyelenggarakan berbagai festival lebih dari lima tahun berturut-turut dalam bidang estetika, sains, dan teknologi.

Kelima belas festival tersebut adalah Artjog, Asia Tri Festival, Bedog Arts Festival (BAF), Biennale Jogja, Cellsbutton Yogyakarta New Media Art Fest, Festival Film Dokumenter, Festival Musik Tembi, Jogja Blues Explosion, Jogja Festival Layang-Layang Nasional, Jogja NETPAC Asian Film Festival, Kustomfest, Ngayogjazz, Pesta Boneka, Yogyakarta Contemporary Music Fest, dan Yogyakarta Gamelan Festival.

“Kami berharap JFFE dapat menjadi wadah sinergitas antar festival, festival dengan akademisi, festival dengan masyarakat, festival dengan pemerintah, dan festival dengan swasta. Serta terjalinnya kerjasama investasi dengan institusi dan lembaga dalam konteks pengembangan Yogyakarta sebagai kota festival.” pungkas Heri. (*)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved