Lifestyle

Kebiasaan Gigit Kuku Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Gigi Geligi

Kebiasaan Gigit Kuku Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Gigi Geligi pada Anak-anak

Kebiasaan Gigit Kuku Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Gigi Geligi
hellosehat.com
Ilustrasi gigi anak 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kebiasaan masing masing anak hingga usia remaja dalam merespon kondisi sekitar di sela aktivitas sehari hari memang lain lain.

Ada yang memiliki kebiasaan menggigit pensil saat mengikuti pelajaran di kelas hingga kebiasaan menggigit kukunya sendiri.

Kebiasaan ini membuat sebagian orang tua merasa perlu berkonsultasi dengan dokter lantaran khawatir bila kebiasaan menggigit benda tersebut berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan si anak.

Ana Krisnawati, perempuan dua anak yang berkecimpung sebagai enterpreneur ini pernah memiliki pengalaman anaknya mempunyai kebiasaan menggigit kukunya sendiri hingga menimbulkan luka kecil.

Ana sadar, sewaktu ia seusia putrinya yakni 7 tahun, ia juga pernah melakukan hal yang sama.

Hal yang membuat Ana khawatir adalah kuku bila tak bersih bisa membawa bakteri sehingga sangat mudah masuk ke dalam tubuh bila si anak menggigit kuku tersebut.

"Sampai sekarang aku juga kurang paham kebiasaan ini sebenarnya wajar atau tidak. Setahuku biasa saja karena aku juga mengalaminya. Masalahnya kalau tangan anak kita itu ngga bersih, habis mainan atau memegang sesuatu ngga sadar belum cuci tangan," kata Ana.

Hampir serupa yang dialami Lia Anggraeni, anaknya yang berusia 6 tahun juga memiliki kebiasaan menggigit alat tulis.

Awalnya Lia menganggap hal itu sebagai hal biasa. Namun ia memperhatikan ujung alat tulis seperti pensil atau pena cenderung kotor sehingga ia mulai menasehati anaknya agar tak menggigit alat tulis tersebut.

Wisata Pinggir Sungai Bromonilan, Menikmati Keindahan Alam di Bawah Rerimbunan Bambu

Beberapa kali anak Lia mengalami sakit perut seperti diare dan sejenisnya. Lia pun menduga, kebiasaan menggigit alat tulis anaknya tersebut menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Halaman
123
Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved