Advertorial

Bangkitkan Semangat Belajar, YPA-MDR Resmikan 3 Gedung Sekolah Baru di Kupang

Sebagai bentuk nyata komitmen untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D.

Bangkitkan Semangat Belajar,  YPA-MDR Resmikan 3 Gedung Sekolah Baru di Kupang
IST
Sebagai bentuk nyata komitmen untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan tiga bangunan sekolah baru yaitu SDI Bokong 1, SDN Oesusu dan SDN Bijaesahan di Takari, Kupang pada Kamis, 14 November 2019 setelah sebelumnya dilakukan renovasi pada tahun lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai bentuk nyata komitmen untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan tiga bangunan sekolah baru yaitu SDI Bokong 1, SDN Oesusu dan SDN Bijaesahan di Takari, Kupang pada Kamis, 14 November 2019 setelah sebelumnya dilakukan renovasi pada tahun lalu.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan, ketiga sekolah tersebut diresmikan setelah sebelumnya dilakukan renovasi dan penambahan fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum Pendidikan meliputi tambahan ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha, perpustakaan, ruang UKS, aula, rumah guru, kantin dan toilet.

“sekolah-sekolah tersebut juga dilengkapi dengan media perpustakaan digital yang dapat dipakai secara online / offline didalamnya terdapat ribuan buku pelajaran, video pendidikan, soal-soal try out serta komik literasi moral, budi pekerti dan kesehatan," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, YPA-MDR melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di SDN Manggis di Rote Barat, Rote Ndao serta menandakan secara resmi dimulainya pembangunan dan renovasi delapan sekolah antara lain SDI Rinalolon, SDN Oenitas, SDN Manggis, SDI Sedeoen, SDI Andaiko, SDI Oenggaut, SDI Boa dan SMPN SATAP Boa.

Asuransi Astra Kenalkan Garda Mall

YPA-MDR mengajak masyarakat dan aparat desa untuk dapat turut menjaga dan mengawasi proses pembangunan sekolah dengan baik sehingga target waktu pembangunan sesuai dengan yang direncanakan.

Masih dalam rangkaian kegiatan peresmian sekolah dan peletakan batu pertama, YPA-MDR melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) tentang Kerjasama antara PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan
Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dengan SMPN 14 Takari, SMKN 1 Takari, SMPN 2 Amarasi Selatan Satap, SMKN 1 Amarasi Selatan, SD GMIT Mbuaein, SD GMIT Oelolot, SMKN 1 Rote Barat dan SMAN 1 Rote Barat yang menandakan dimulainya program pembinaan empat pilar selama 5 tahun kedepan.

Program pembinaan yang diberikan tersebut diharapkan dapat menjadikan sekolah unggul dan meraih berbagai prestasi.

Hadir di Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak 2016 khusnya di Kabupaten Kupang dan pada 2018 di Kabupaten Rote Ndao, PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) memberikan bantuan berupa program pendidikan bekerjasama dengan berbagai narasumber serta bantuan sarana prasarana sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.
Bantuan tersebut antara lain:
 Bidang Akademik
1. Pelatihan motivasi dan karakter kepada guru dan Kepala Sekolah
2. Pelatihan dan pendampingan guru dalam hal peningkatan kompetensi guru seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pendalaman Materi Ajar, pembuatan dan pemakaian alat peraga, Penelitian tidakan kelas (PTK) dll.
3. Pelatihan tentang Kurikulum 13 (K 13)
4. Pelatihan kepada para Kepala Sekolah mengenai manajemen sekolah dalam kaitan ini YPA MDR memberikan pembekalan dan monitoring dalam hal Plan, Do, Check, Action (PDCA) sebagaimana salah satu system manajemen Astra yang kami terapkan.
5. Pelatihan metode pembelajaran metode GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) bidang matematika kepada para guru serti pengimbasannya
6. Program Guru Muda Indonesia yang ditempatkan di sekolah binaan Kupang dan Rote sebagai upaya akselerasi sekolah unggul. Khususnya menjadikan Kecamatan Rote Barat sebagai “Kecamatan Cerdas - Berprestasi”.
 Non-Akademik
Astra telah memberikan bantuan seperangkat tenun sebanyak 2 set alat tenun di setiap sekolah binaan kami dan tahun ini ditambahkan lagi 10 unit persekolah.

Konsisten Kembangkan Pendidikan Vokasi, Astra Motor Yogyakarta Sabet Gelar Terbaik Nasional

 Saranan Prasarana
1. Bantuan air bersih berupa sumur bor dan instalasinya berkolaborasi
dengan Grup Astra dan Main Dealer Honda
2. Bantuan perangkat sekolah, berupa sepatu, tas dan pakaian seragam.
3. Bantuan pembangunan dan renovasi Gedung serta sarana prasarana sekolah untuk memenuhi standar pelayanan minimum (SPM).
4. Bantuan sarana prasarana pembelajaran berupa alat peraga, komputer, LCD, perangkat Genset. dll
5. Perpustakaan dan buku-buku serta alat pembelajaran literasi berupa KIPIN (Kios Pintar), yaitu alat menyerupai ATM yang berisi, kurikulum,

Melalui program pembinaan yang dilakukan, YPA-MDR berharap dapat melahirkan generasi muda yang mandiri, peduli untuk membangun daerahnya sejalan dengan cita-cita luhur PT Astra International Tbk, yaitu SEJAHTERA BERSAMA BANGSA.

Sekilas Tentang Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 merupakan salah satu yayasan dari 9 yayasan yang dimiliki PT. Astra International Tbk yang bergerak di bidang layanan pendidikan, sebagai salah satu pelaksana tugas CSR, khususnya pilar Astra untuk Indonesia Cerdas. Visi, Misi dan Goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera.

Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya.

Astra Terima 2 Penghargaan dari Asiamoney

Sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial yang terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan, khususnya di
daerah prasejahtera agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.

Pola Pembinaan YPA-MDR
YPA-MDR meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui empat pilar pembinaan yaitu akademis, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya sehingga menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul. Sejak tahun 2006 hingga kini, YPA-MDR telah membina 90 sekolah negeri, 1.107 guru dan 17.946 siswa, yang terdiri dari 66 SD, 19 SMP dan 5 SMK/SMA yang
terletak di Lampung Selatan, Bogor, Serang, Gunungkidul, Bantul, Pacitan, Kutai Barat, Kupang, Rote Ndao, Kapuas dan Barito Utara.
Program bantuan yang diberikan oleh YPA-MDR kepada sekolah-sekolah binaan meliputi:
 Pembinaan yang meliputi empat pilar yakni pembinaan akademis, pendidikan karakter, kecakapan hidup dan seni budaya menuju kepada sekolah unggul.
 Sarana penunjang pendidikan seperti buku pelajaran untuk siswa, buku pegangan untuk guru, buku perpustakaan, perangkat UKS serta alat peraga dan media pembelajaran.
 Penambahan prasarana ruangan dan renovasi gedung sekolah berikut mebel agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan berkualitas.

(TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved