Advertorial

Angkat Seni dan Kebudayaan Lewat Rhapsody of The Archipelago - Gamelan 4.0 (ROAR GAMA)

Ketua Panitia, Najib Azka menerangkan nantinya gelaran akbar ini akan menampilkan lebih dari 200 talent dari berbagai disiplin seni.

Angkat Seni dan Kebudayaan Lewat Rhapsody of The Archipelago - Gamelan 4.0 (ROAR GAMA)
Istimewa
Jumpa pers mengenai ROAR GAMA 4.0 di Balairung UGM pada Kamis (14/11/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagai bagian dari kampus yang menjunjung tinggi seni dan kebudayaan, FISIPOL dan FIB UGM akan menggelar Rhapsody of The Archipelago - Gamelan 4.0 (ROAR GAMA 4.0), pada 29-30 November 2019 di PKKH UGM dan Lapangan Grha Sabha Pramana.

ROAR GAMA 4.0 sendiri merupakan pagelaran kolosal Gamelan yang berkolaborasi dengan musik zaman sekarang yang dihelat dalam rangka memperingati Lustrum ke-14 UGM dan Dies FISIPOL ke-64.

Ketua Panitia, Najib Azka menerangkan nantinya gelaran akbar ini akan menampilkan lebih dari 200 talent dari berbagai disiplin seni.

Selain itu, pihaknya juga akan menampilkan gamelan Candra Nada, Gayam16 dan Prawiratama.

Ada pula musisi kekinian yang bakal memeriahkan even ini, diantaranya Letto, FSTVLST, Tashoora, dan Mantra Vutura.

UGM Bakal Menggelar Festival Musik Gamelan 4.0, Tampilkan Seniman Gamelan Lintas Genre

Tidak lupa, sejumlah komposer seperti Sudaryanto, Welly Hendratmoko, Anom Suneko juga bakal memeriahkan gelaran ini.

Najib menjelaskan, sebagai kampus yang menjunjung tinggi seni dan budaya, UGM dirasa perlu memiliki satu citra yang kuat.

Dimana berakar kuat dan menjulang tinggi seperti moto yang dimiliki harus diimplementasikan dengan budaya yang melibatkan inovasi di dalamnya.

"Tema yang kita ambil, Rhapsody of The Archipelago - Gamelan 4.0, yakni sesuai dengan gamelan yang akan kita kolaborasikan dengan teknologi digital," terangnya.

Erwan Agus Purwanto, Dekan FISIPOL UGM menerangkan pergelaran ini bukan sekedar musik biasa, namun merupakan statemen politik kebudayaan nusantara, dimana potensi kreatif berbasis lokal bisa memberi sumbangan berharga bagi peradaban musikal dan elan kreatif global.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved