Bisnis

Uji Kualitas Fiberisasi di Jawa Tengah, XL Axiata Gelar Digi Race Competition 2019

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar kompetisi permainan interaktif berbasis digital “Digi Race Competition 2019.”

Uji Kualitas Fiberisasi di Jawa Tengah, XL Axiata Gelar Digi Race Competition 2019
IST
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar kompetisi permainan interaktif berbasis digital “Digi Race Competition 2019” 

TRIBUNJOGJA.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar kompetisi permainan interaktif berbasis digital “Digi Race Competition 2019.”

Kompetisi tahunan yang kali ini digelar di Semarang, sekaligus menjadi ajang untuk menguji jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan data di hampir seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Group Head Central Region XL Axiata Rd Sofia Purbayanti mengatakan, XL terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya melalui proses fiberisasi yang telah terlaksana di sebagian besar wilayah Jawa Tengah, termasuk Semarang sebagai kota terbesar sekaligus ibukota provinsi.

Dukung Pemerataan Pembangunan di Kawasan Timur Indonesia, XL Axiata Resmikan Jaringan USO di NTT

"Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/11/2019).

Program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G.

Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber.

XL Axiata telah melaksanakan program ini secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir.

Di wilayah Jawa Tengah, fiberisasi jaringan telah terlaksana hampir semua area, baik kota-kota besar seperti Semarang, Surakarta, Tegal, Pekalongan, dan Purwokerto, hingga kota sedang seperti Kudus, Jepara, Magelang, Salatiga, Purworejo, Kebumen, dan Cilacap.

XL Axiata Luncurkan Paket MyPRIO Talk+

Bahkan fiberisasi juga sudah terlaksana di kota-kota kecil seperti Rembang, Blora, Purbalingga, Wonosobo, Karanganyar dan Wonogiri.

Target XL Axiata secara nasional, hingga akhir tahun 2019 nanti 50 persen BTS akan terhubung dengan jaringan fiber, dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60-70 persen pada akhir 2020.

"Saat ini, fiberisasi sudah menjangkau lebih dari 30 persen BTS dengan sebagian besar mencakup wilayah Jawa. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved