Bisnis

PTTEP Indonesia Gandeng Pemda DIY Komitmen Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

PTTEP Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030.

PTTEP Indonesia Gandeng Pemda DIY Komitmen Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Kepala Bappeda DIY, Budi Wibowo (kiri) General Affairs PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara (kanan) dalam jumpa pers yang digelar pada Rabu (13/11/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - PTTEP Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030.

Untuk itu, PTTEP Indonesia menggandeng Universitas Trisakti, Program Pascasarjana MM-Sustainability dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

"Menjalin kemitraan ini perlu dibina agar para pemangku kepentingan dapat bersama-sama membantu Indonesia mencapai pembangunan yang berkelanjutan," ujar General Affairs PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara disela-sela seminar Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) pada Rabu (13/11/2019) di Hotel Marriott Yogyakarta.

TNP2K : Pendidikan sebagai Kunci Pencapaian SDGs

Selama dua tahun, PTTEP Indonesia telah mengumpulkan ribuan stakeholders di sembilan kota untuk berdikusi mengenai SDGs.

Kegiatan tersebut mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama merealisasikan pelaksanaan agenda Sustainable Development Goals, terutama poin SDGs nomor 17 yaitu 'Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs'

Sementara itu, Kepala Bappeda DIY, Budi Wibowo yang menjadi pembicara pada seminar tersebut mengungkapkan, saat ini pemda tengah menggerjakan rencana aksi daerah yang juga dilakukan monitoring evaluasi setiap enam bulan sekali.

Evaluasi tersebut bertujuan agar pembangunan tersebut mengarah pada pembangunan berkelanjutan.

Budi mengatakan, tantangan terberat untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yakni bagaimana mengkoordinasikan secara terintegrasi pada masing-masing sektor.

Rapor Merah Pencapaian SDGs Indonesia

"Kalau tetap berjalan sendiri di zona masing-masing, saya yakin pencapaian pembangunan berkelanjutan itu tidak akan maksimal. Makanya kita petakan di setiap OPD," kata dia.

Ia menambahkan, berdasarkan data BPS, angka pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 di DIY paling tinggi secara nasional yakni 7.39 persen.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved