Merokok saat Berkendara Didenda Rp750.000, Ini Bahaya Lain yang Sangat Fatal

Bila Anda melihat pengendara yang merokok, jangan takut untuk menegurnya. Tindakan ini merugikan orang lain dan melanggar peraturan.

Merokok saat Berkendara Didenda Rp750.000, Ini Bahaya Lain yang Sangat Fatal
IST/TMC/WartaKota
Merokok saat berkendara didenda Rp750.000. Selain itu juga bisa mengakibatkan kebutaan bagi pengendara lain. 

TRIBUNJOGJA.COM - Mengendarai motor atau mobil sambil merokok bukanlah kegiatan yang perlu dibanggakan. Bahkan sebaliknya, tindakan ini merugikan diri sendiri dan orang lain.

Bila Anda melihat pengendara yang merokok, jangan takut untuk menegurnya. Sebab, ada berbagai macam masalah jika Anda membiarkan para pengendara tersebut merokok sambil membawa kendaraan.

Pertama, Anda perlu tahu bahwa sudah ada larangan merokok sambil berkendara.

Peraturan tersebut diatur dalam dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

Ilustrasi merokok sambil berkendara
Ilustrasi merokok sambil berkendara ()

Dalam aturan itu, setiap orang yang tidak mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain yang menyebabkan hilangnya konsentrasi dalam mengemudi dapat dipidana dengan kurungan paling lama tiga bulan dan denda paling banyak Rp750.000.

Berakibat Fatal

Perlu Anda tahu, jika abu rokok tersebut menempel ke mata pengendara di belakangnya atau orang di sekitarnya, maka akan menyebabkan masalah mata.

Di mana hal itu bisa menimbulkan efek ringan yakni iritasi sampai yang terburuk adalah kebutaan.

Dokter spesialis mata, Dr Elvioza S.pM, menjelaskan efek yang terjadi bila mata terkena abu rokok.

Menurut Elvioza, abu rokok yang kena mata itu tidak ada bedanya sama benda asing yang bakal membahayakan mata dan bikin iritasi.

Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved