Pendidikan

Soprema 2019, Ajang Sociopreneur Muda untuk Pecahkan Masalah Sosial

YouSure) Fisipol UGM bekerjasama dengan PT Visitama Tujuh Belas kembali mengadakan Soprema 2019 yang berlangsung pada 11-14 November 2019.

Soprema 2019, Ajang Sociopreneur Muda untuk Pecahkan Masalah Sosial
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Pembukaan Soprema 2019 yang diselenggarakan di Fisipol UGM pada Selasa (12/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pusat Kajian Kepemudaan atau Youth Studies Centre (YouSure) Fisipol UGM bekerjasama dengan PT Visitama Tujuh Belas kembali mengadakan Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) 2019 yang berlangsung pada 11-14 November 2019.

Kegiatan yang meliputi kompetisi, workshop, dan coaching clinic ini pada tahun ini menyisakan 30 finalis dari 13 provinsi, dimana sebelumnya peserta yang mendaftar sebanyak 436 tim dari 31 provinsi.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Ketua Pelaksana Soprema 2019, Hempri Suyatna menjelaskan tujuan dari Soprema ini sendiri yakni untuk menggugah kontribusi pemuda untuk memecahkan permalasahan sosial yang masih banyak terjadi melalui kegiatan wirausaha sosial.

"Ini merupakan Soprema yang keempat. Dari tahun ke tahun, Soprema mendapatkan antusias yang luar biasa dari kalangan pemuda dalam mengembangkan wirausaha," ungkapnya pada Selasa (12/11/2019).

Hempri menerangkan, setidaknya ada empat tema besar yang diangkat dalam kegiatan Soprema tahun ini, yakni Teknologi, Jasa, dan Pelayanan Publik, Pertanian dan Kemaritiman, Ekologi dan Pariwisata, Industri Kreatif.

Dia menerangkan, 30 finalis yang lolos, saat ini tengah mengikuti rangkaian kegiatan inkubasi yang meliputi social mentoring, sharing session, inspiring session dan workshop yang bertempat di Desa Wisata Pentingsari.

Fisipol UGM Kembangkan Potensi Wirausaha Muda Melalui Soprema

"Inkubasi sendiri merupakan program pengembangan dan pendampingan intensif kepada para sociopreneur muda. Selain kompetisi ada juga expo yang dimeriahkan oleh 13 booth dari para sociopreneur muda," terangnya.

Wawan Mas'udi, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fisipol UGM menjelaskan dalam 4-5 tahun terakhir, Fisipol sedang fokus untuk menumbuhkan ide kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan permasalahan sosial.

"Kampus tugasnya memfasilitasi bagi perkembangan ide-ide bara sociopreneur muda. Saat ini merupakan kesempatan terbaik dalam mengembangkan potensi generasi muda," ungkapnya.

Wawan menjelaskan, problem utama sociopreneur muda yakni kuat dalam ide namun kesulitan ketika akan mengembangkan produk ke dalam sesuatu yang memiliki nilai jual.

YouSure Fisipol UGM Kembali Adakan Soprema

"Ini merupakan era penting dan genting. Tidak ada pilihan kecuali anak muda terus meningkatkan kreativitas. Pemuda bukan lagi bagian dari masalah, tapi bagian penting dari solusi," ungkapnya.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Imam Gunawan mengungkapkan Soprema sangat bermanfaat untuk menguatkan wirausaha muda.

Pihaknya juga sangat mendukung adanya kegiatan Soprema ini dan berharap bisa juga diterapkan di kampus maupun tempat lain.

"Kami ingin aktivitas ini semakin berkembang tidak hanya disini, tapi di tempat lain dengan nama yang berbeda. Soprema tahapan dan targetnya sangat luar biasa. Saat ini pendekatan sociopreneur sangatlah tepat untuk bisa mempersatukan para wirausaha," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved