Yogyakarta

Puluhan Akademisi Pelajari Ekonomi Solidaritas Sosial di Desa Panggungharjo

Para peserta belajar bersama warga tentang pengelolaan Kampung Mataraman, sampah dan BUMDes di Desa Panggungharjo.

Puluhan Akademisi Pelajari Ekonomi Solidaritas Sosial di Desa Panggungharjo
istimewa
ASEC gelar Konferensi Internasional Ekonomi Alternatif di Desa Panggungharjo, Sewon yang diikuti oleh berbagai negara di Asia, Selasa (12/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Asian Solidarity Economy Coucil (ASEC) menggelar Konferensi Internasional tentang Ekonomi Alternatif 12-13 November ini.

Kegiatan yang baru pertama kali digagas ini mengambil tajuk Revitalisasi Ekonomi Pedesaan Melalui Model Ekonomi Solidaritas Sosial.

Sebanyak 40 peserta dengan ragam latar belakang pendidikan dan minat belajar bersama tentang praktik baik ekonomi solidaritas sosial yang dilakukan oleh masyarakat Desa Panggungharjo.

Meski berangkat dari ragam latar belakang, sebagian besar peserta adalah akademisi.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Sebanyak 19 peserta berasal dari Indonesia, 21 lainnya berasal dari Australia, Hongkong, India, Malaysia, Srilanka, Swiss, dan Thailand.

Para partisipan akan melihat, merekam, merefleksikan, dan mendiskusikan ragam aktivitas masyarakat desa Panggungharjo yang telah menerapkan ekonomi solidaritas.

Sebagian besar peserta yang datang dari kalangan akademisi dilihat sebagai sebuah hal yang positif oleh Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Prof Drs Purwo Santoso, MA, Ph D.

Ia melihat fenomena ini sebagai sebuah peluang untuk menciptakan kerja kolaborasi antara desa dan institusi pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.

"Sekat-sekat yang terjalin selama ini, yang membedakan kalangan akademisi sebagai elit dan warga desa berada pada level di bawahnya akan pudar seiring jika kolaborasi terbangun. Oleh karena itu, kegiatan ini menanam harapan agar terwujudnya naskah akademik yang berpihak pada masyarakat desa yang memiliki perhatian pada ekonomi solidaritas sosial," ujarnya.

Pembukaan koferensi dilakukan di Balai Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon.

Halaman
12
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved