Yogyakarta

PN Yogyakarta Sebut Objek Eksekusi Gondomanan Sudah Disepakati

Pengadilan Negeri Yogyakarta telah melakukan eksekusi pada objek sengketa yang telah ditetapkan.

PN Yogyakarta Sebut Objek Eksekusi Gondomanan Sudah Disepakati
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Kios para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di Jalan Brigjen Katamso, Gondomanan dieksekusi oleh Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta pada Selasa (12/11/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kuasa Hukum pedagang kaki lima (PKL) yang lapaknya dieksekusi menduga eksekusi error in objecto.

Budi Hermawan menilai error in objecto terjadi karena pihak Pengadilan Negeri Yogyakarta tidak melakukan pengukuran sebelum melakukan eksekusi.

Ditambah lagi tidak adanya Panitikismo, yang dianggap dapat menunjukkan batas tanah yang menjadi hak pemegang surat kekancingan, Eka Aryawan.

"Saya tidak menjamin tanah sudah sesuai dengan putusan hakim. Panitikismo saja tidak hadir, sehingga tidak bisa menunjukkan batas dan luasan. Bagaimana pengadilan mengacu permohonan pemohon dalam hal ini Eka?" katanya usai eksekusi, Selasa (12/11/2019).

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

"Kalau tidak didahului pengukuran, bagaimana kami tahu tanah itu termasuk 73 meter (milik Eka Aryawan). Makanya kami menduga eksekusi ini error in objecto," sambungnya.

Pihaknya masih meyakini bahwa lapak PKL yang seluas 28 meter persegi, tidak termasuk dalam 73 meter persegi milik Eka Aryawan.

"Setelah ini kami masih akan mengadu ke Panitikismo. Kami juga pengen ketegasan Panitikismo. Sekaligus kami juga ingin minta ketegasan Kraton terkait nasib pedagang kecil seperti ini," ungkapnya.

Terpisah, Humas Pengadilan Negeri Yogyakarta, Sari Sudarmi menerangkan bahwa eksekusi sudah sesuai dengan prosedur.

Pengadilan Negeri Yogyakarta telah melakukan eksekusi pada objek sengketa yang telah ditetapkan.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved