Pendidikan

Peneliti FMIPA UGM Kembangkan Madeena untuk Diagnosa Medis

Alat rontgen tersebut setara dengan teknologi DDR yang menggunakan flat detektor, atau sering disebut Radiografi Flat Detektor (RFD).

Peneliti FMIPA UGM Kembangkan Madeena untuk Diagnosa Medis
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Dr Gede Bayu Suparta (kanan) saat menunjukkan alat rontgen 'Madeena' hasil temuannya. 

TRIBUNJOGJA.COM - Seorang peneliti dari Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM, Dr Gede Bayu Suparta, berhasil mengembangkan sebuah teknologi radiografi sinar-x digital, untuk diagnosa medis. 

Ia berujar, alat rontgen yang diberi nama Madeena tersebut, setara dengan teknologi Direct Digital Radiography (DDR) yang menggunakan flat detektor, atau sering disebut Radiografi Flat Detektor (RFD).

Butuh waktu lama untuk mengembangkannya.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Benar saja, bersama tim peneliti di Departemen Fisika FMIPA UGM, ia melakukan riset di bidang radiografi digital tersebut, sejak tahun 1989.

Ketika itu, teknologi komputer, lalu kamera digital dan pemrograman, atau coding, belum secanggih saat ini.

"Tapi, waktu itu saya punya visi, perangkat radiografi konvensional berbasis film akan digantikan oleh sistem radiografi digital pada saat kinerja teknologi komputer, kamera digital dan teknik coding telah sangat maju," katanya, Senin (11/11/2019).

Selanjutnya, kegiatan litbangyasa di bidang radiografi digital secara serius dilakukan sejak 2003, mengingat teknologi komputer, kamera dan teknik coding sudah maju.

Hasilnya, aplikasi paten perangkat sinkronisasi digitisasi citra radiografi dengan pancaran sinar-x, yang diajukan pada tahun 2005. 

Aplikasi paten lantas di-granted pada 19 Oktober 2009, dengan nomor ID P 0024437.

Pecahkan Rekor Muri, Fakultas Peternakan UGM Ingin Promosikan Sate Klatak

Kemudian, imbuh Bayu, kepemilikan atas paten tersebut, sudah diserahkan oleh pihaknya kepada UGM, sebagai aset intelektual bangsa Indonesia. 

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved