Pendidikan

BKGN Momen Tepat Tingkatkan Kebersihan Gigi

BKGN tahun ini adalah dengan diadakannya Bakti Sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis pada tanggal 11 November 2019.

BKGN Momen Tepat Tingkatkan Kebersihan Gigi
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Dokter gigi melaksanakan oemeriksaan gigi sat berlangsung acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional di rumah sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (11/11/2019). Kegiatan hasil kerja sama PT. Unilever, PErsatuan Dokter Gigi Indonesia, Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia yang mengambil tema Pahlawan Senyum ini selain pemeriksaan dan perawatan gigi gratis juga dilakukan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Program Profesi Dokter Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Rumah Sakit Gigi dan Mulut UMY bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta merayakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang ke-10 dengan mengadakan pemeriksaan gigi gratis pada Senin (11/11/2019).

"Acara ini merupakan wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan rongga mulut. BKGN diadakan dengan tujuan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui senyum Indonesia sehat," kata Ketua Profesi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), drg Erma Sofiani dalam keterangannya.

Kegiatan ini ditargetkan mampu melayani 1.200 pasien dalam tiga hari pelaksanaannya.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Adapun perawatan yang dilakukan adalah berupa penambalan gigi sederhana, satu pencabutan gigi tanpa penyulit, pembersihan karang gigi dan aplikasi fluoride atau fissure sealant.

Hal berbeda pada pelaksanaan BKGN tahun ini adalah dengan diadakannya Bakti Sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis pada tanggal 11 November 2019 yang dilaksanakan di Klinik Pratama Muhammadiyah Berbah, Sleman.

Bakti sosial menyediakan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis dengan jumlah target pasien 100 orang.

Peringati HUT ke-10, RSGM UMY Menggelar Donor Darah

Pelayanan khusus juga diberikan pada anak berkebutuhan khusus, TK dan SD jejaring UMY secara gratis.

Tidak hanya itu, mengingat pentingnya edukasi sejak dini tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut pada anak, Program Profesi Dokter Gigi UMY juga berinovasi mengadakan penyuluhan gigi dan mulut pada guru TK se-Yogyakarta.

"Dengan adanya inovasi-inovasi yang diadakan, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama masyarakat DIY," terang Erma. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved