Yogyakarta

Promosikan Sate Klatak Lewat Sajian Sate Klatak Terbanyak

Menurutnya sajian sate klatak memiliki daging yang relatif murni, hal tersebut membuat sate klatak tergolong sehat dan menyehatkan.

Promosikan Sate Klatak Lewat Sajian Sate Klatak Terbanyak
Istimewa
Dekan Fakultas Peternakan UGM saat memberikan sajian sate, Minggu (10/11/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk mempromosikan produk kuliner masyarakat Jogja serta kandungan gizi yang ada di dalam Sate Klatak, Fakultas Peternakan UGM menggelar Sajian Sate Klatak Terbanyak pada Minggu (10/11/2019) di Fakultas Peternakan UGM.

Bukan hanya itu, kegiatan ini bahkan mampu mencatatkan diri dalam Rekor MURI sebagai Rekor Dunia dengan 10.011 tusuk sate klatak yang dikonsumsi sebanyak 1969 orang.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Ali Agus menjelaskan, sate klatak sendiri tidak sekedar enak dinikmati, namun memiliki kandungan protein yang tinggi dan sedikit lemak.

Pecahkan Rekor Muri, Fakultas Peternakan UGM Ingin Promosikan Sate Klatak

Menurutnya sajian sate klatak memiliki daging yang relatif murni, hal tersebut membuat sate klatak tergolong sehat dan menyehatkan.

"Sate klatak memiliki keunikan, kelebihannya sedikit sekali lemak. Lemaknya sudah diambil, dan tidak dipakai untuk ditusuk. Kalau sate yang lain masih ada kandungan lemak. Sate klatak umumnya sedikit lemak, menyehatkan," ungkapnya.

Selain menyehatkan, produk sate klatak juga bisa membantu perekonomian masyarakat Jogja, dimana bukan hanya penjual sate klatak yang mendapatkan untung, namun juga peternak, dan produk olahan kambing lain juga terkena imbas.

"Kalau peminat sate ini meningkat, otomatis meningkatkan perekonomian peternak dan produk olahan kambing lain pasti terdampak, seperti tengkleng maupun gule," terangnya.

Rektor UGM, Panut Mulyono menjelaskan visi misi pemerintah dalam lima tahun ke depan yakni fokus pada pembangunan SDM, maka hal yang dibutuhkan tidak hanya pendidikan namun juga pemenuhan protein bagi masyarakat agar menjadi cerdas.

HUT Ke-50, Fakultas Peternakan UGM Pecahkan Rekor MURI Sate Klathak Terbanyak

"Di Indonesia stunting masih menjadi persoalan. Oleh karenanya, promosi untuk memperbanyak pemenuhan protein ke masyarakat seperti kegiatan pada hari ini juga diperlukan. Bagaimana negara menjadi kuat dan memiliki SDM yang kompetitif adalah PR untuk kita semua," katanya.

Panut menjelaskan, pencatatan Rekor MURI kali ini bertepatan dengan momen ulangtahun ke 50 Fakultas Peternakan UGM.

Untuk itu, dia berharap agar Fakultas Peternakan bisa terus mengukir prestasi dan berkontribusi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Ariani Siregar, Senior Manajemen MURI menerangkan, kegiatan kali ini telah resmi tercatat di MURI sebagai Rekor Dunia dengan kategori Sajian Sate Klatak Terbanyak (10 ribu 11 Tusuk Sate Klatak yang dikonsumsi oleh 1969 orang).

Selain rekor tersebut, sebelumnya UGM juga sempat mencatatkan beberapa perolehan MURI lain, seperti Sekolah Anti Korupsi Pertama, Pelopor Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut tahun 2003, Tahun 2015 menerima 5 mahasiswa termuda dengan umur rata-rata 14 tahun, UGM meluluskan Doktor Teknik Mesin Termuda dengan Usia 25 tahun, serta masih banyak lagi. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved