Kota Yogya

Kurangi Sampah Plastik, Paroki Baciro Dorong Cinta Lingkungan Jadi Budaya

Memperingati HUT Paroki Baciro ke-56 dan Pesta Nama Gereja Kristus Raja Baciro tahun 2019 menggelar jalan sehat dan mengumpulkan sampah.

Kurangi Sampah Plastik, Paroki Baciro Dorong Cinta Lingkungan Jadi Budaya
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Peserta jalan sehat dan memungut sampah plastik saat memulai gerakan jalan sehat yang dilakukan untuk memperingati HUT Paroki Baciro ke-56 dan Pesta Nama Gereja Kristus Raja Baciro tahun 2019, Sabtu (9/11/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Memperingati HUT Paroki Baciro ke-56 dan Pesta Nama Gereja Kristus Raja Baciro tahun 2019 menggelar sederet acara.

Diantaranya yakni jalan sehat dan mengumpulkan sampah, Sabtu (9/11/2019).

Digelarnya acara ini tak lain mendorong umat untuk lebih peduli kepada lingkungan dari yang terkecil yakni lingkungan sekitar dengan mengurangi penggunaan sampah plastik dan memungut sampah plastik.

Tak hanya itu, Romo Paroki Gereja Kristus Raja Baciro Alip Suwito berharap aktivitas cinta lingkungan ini bisa menjadi sebuah budaya di masyarakat.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

"Lingkungan hidup saat ini telah mengalami kerusakan akibat pencemaran lingkungan seperti polusi udara, limbah, sampah plastik dan lainnya tentu ini akan berdampak pada umat itu sendiri, cinta lingkungan ini perlu kita gaungkan terus menerus," ungkap Romo Alip Suwito saat ditemui di sela acara.

Romo Alip menjabarkan satu dari beberapa upaya mendorong rasa peka dan cinta lingkungan tersebut diaplikasikan dalam bentuk jalan sehat disertai dengan kegiatan mengumpulkan sampah plastik di sepanjang jalan yang dilintasi.

Selain diikuti oleh umat gereja, aktivitas bertema 'Bersama Gereja, Menjaga Kelestarian Alam dan Keutuhan Ciptaan' ini juga diikuti oleh ratusan warga sekitar Gereja Paroki Baciro.

"Yang terlibat disini kita tekankan lebih kepada anak-anak karena kita ingin cinta lingkungan dengan memungut sampah plastik ini menjadi sebuah budaya bagi generasi mereka," paparnya.

HUT ke-85, Gereja Santo Yakobus Bantul Selenggarakan Pagelaran Seni dan Budaya Lintas Agama

Selain mengajak umat membangun budaya hidup sehat dengan berjalan kaki, acara jalan sehat serta mengumpul sampah di sepanjang perjalanan acara yang digelar di halaman gereja ini juga dimeriahkan oleh panggung hiburan yang diisi oleh umat paroki Baciro serta menghadirkan bintang tamu Yu Sothil dan Vertigo.

Tak ketinggalan acara juga akan dimeriahkan dengan pembagian doorprize yang telah dipersiapkan panitia.

Sementara itu, lanjut Romo Alip, acara cinta lingkungan ini juga akan diteruskan dengan kegiatan menanam pohon bersama yang dilakukan di halaman Gereja.

"Akan ada sekitar 1.000 bibit pohon yang siap kami bagikan," paparnya. (TRIBUNJOGJA.COM

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved