Yogyakarta

Usulan Tanggal 1 Maret Jadi Hari Besar Nasional, Disbud DIY Siapkan Langkah Strategis Tahun 2020

Serangan umum 1 Maret 1949 saat ini tengah berproses untuk ditetapkan sebagai hari besar nasional.

Usulan Tanggal 1 Maret Jadi Hari Besar Nasional, Disbud DIY Siapkan Langkah Strategis Tahun 2020
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Serangan umum 1 Maret 1949 saat ini tengah berproses untuk ditetapkan sebagai hari besar nasional.

Gubernur DIY telah mengusulkan 1 Maret sebagai hari besar nasional kepada Presiden RI melalui surat nomor 434/14989 tanggal 31 Oktober 2018.

Usulan ini telah dilampiri dengan naskah akademik yang intinya berisi pentingnya Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta (ibu kota negara pada saat itu).

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

“Ini merupakan peristiwa penting karena telah membuka mata dunia internasional bahwa Indonesia masih ada di tengah propaganda Belanda yang mengklaim Indonesia tidak ada,” jelas Ruli Andradi, Kabid Pengembangan Sejarah, Bahasa Sastra dan Museum Disbud DIY, Jumat (8/11/2019)

Tahun 2020 mendatang, Disbud DIY akan melakukan sejumlah langkah strategis.

Bulan Februari-Maret aka nada beberapa even terkait pengusulan ini dan Juni 2020 akan diadakan sarasehan dan seminar nasional.

Dia menjelaskan, tahun 2019 usulan ini telah mendapat dukungan dari Kementrian Pertahanan.

Tim dari Dinas Kebudayaan telah bertemu langsung dengan Menteri Pertahanan dan Pemda DIY telah mendapat dukungan tertulis melalui surat nomor B/1678/V/2019/DJPOT tanggal 9 Mei 2019.

Konser Musik Orkestra dan Paduan Suara Akan Digelar di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara

I Gede Adi Atmaja, Kepala Seksi Sejarah Disbud DIY menambahkan pada September 2019 lalu usulan tersebut telah mendapatkan respon positif dari Sekretaris Negara melalui surat 0031/5024/SJ.

Dalam suratnya Pemda DIY mendapat arahan agar mengadakan sosialisasi dan sarasehan nasional.

“Menanggapi hal itu, rencana dan langkah strategis telah diupayakan oleh Dinas Kebudayaan DIY telah memproduksi tiga video lagu yang akan diunggah secara berkala hingga 1 Maret 2020. Dengan video ini diharapkan semakin banyak masyarakat mengetahui dan memberikan dukungan bagi proses pengusulan ini,” katanya.

Ketua Umum Pegiat Komunitas Yogya 1945, Eko Isdiyanto proses untuk penetapan tanggal 1 Maret ini masih sangat panjang. Tetapi, pihaknya siap mengawal salah satu momen sejarah di Yogyakarta ini.

“Masih ada beberapa proses panjang,” jelasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved