Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Rumah Sakit Hasil Kemitraan PBNU,Syubbanul Wathon dan LIPPO Group

Peresmian dilakukan secara simbolis melalui penandatanganan prasasti oleh Ma’ruf Amin

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Rumah Sakit Hasil Kemitraan PBNU,Syubbanul Wathon dan LIPPO Group
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin, meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon, rumah sakit kemitraan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yayasan Syubbanul Wathon dan Lippo Group yang berlokasi di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah Kamis (7/11/2019).

Peresmian dilakukan secara simbolis melalui penandatanganan prasasti oleh  Ma’ruf Amin, dengan disaksikan oleh pendiri dan chairman Lippo Group, Dr Mochtar Riady, Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto Sp.Rad (K), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj, pejabat dan tokoh masyarakat setempat, serta manajemen RSU Syubbanul Wathon dan Siloam Hospitals Group.

RSU Syubbanul Wathon merupakan rumah sakit pertama yang pembangunannya dimulai tahun 2018.

Rumah sakit ini merupakan hasil dari kemitraan PBNU melalui Yayasan Syubbanul Wathon dan Lippo Group melalui Siloam Hospitals.

Kemitraan ini adalah pilot project pertama di bidang pembangunan sarana pelayanan kesehatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, melalui penyediaan sarana pelayanan kesehatan berkualitas dan memperbaiki ekonomi masyarakat lewat program pemberdayaan.

Sinergi antara PBNU dan Lippo Group ini diharapkan mampu menjadi contoh dalam menerapkan rencana pemerataan dan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di kawasan lain.

“Kami menyambut baik peran swasta dalam membangun dan menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia, seperti sinergi antara Lippo Group dan PBNU. Kami berharap kemitraan ini dapat terus diperkuat untuk memberikan pelayanan yang semakin optimal kepada masyarakat,” ujar Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) dr Terawan Agus Putranto.

Beragam pelayanan dan fasilitas dihadirkan di rumah sakit berkapasitas 122 tempat tidur ini, antara lain instalasi gawat darurat 24 jam, laboratorium dan farmasi 24 jam, serta fasilitas penunjang seperti ultrasonografi dan X-ray.

RSU Syubbanul Wathon juga menyerap tenaga kerja lokal yang dibekali pelatihan intensif agar mampu memberikan pelayanan kesehatan optimal di rumah sakit tersebut.

Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj, juga mengapresiasi pendirian dan peresmian rumah sakit ini.

“Selain memberikan akses ke pelayanan kesehatan modern dan bermutu tinggi, kerja sama ini tentunya membuka kesempatan lapangan pekerjaan bagi penduduk lokal. Kami berharap kehadiran RSU Syubbanul Wathon membawa manfaat dan berkah bagi masyarakat Tegalrejo dan Magelang,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan Siloam Hospitals Group terhadap program pemerintah yang tercakup dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), RSU Syubbanul Wathon telah melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sejak 1 November 2019.

“Pasien BPJS yang ingin berobat ke RSU Syubbanul Wathon, silakan melengkapi semua persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini diperlukan agar proses penanganan pasien bisa dilakukan dengan cepat,” tambah Direktur RSU Syubbanul Wathon, dr Erni Murdaningsih.

Pendiri dan chairman Lippo Group, Mochtar Riady juga mengungkapkan rasa terima kasih atas kesediaan wakil presiden RI menghadiri dan meresmikan fasilitas kesehatan tersebut.

“Terima kasih juga kepada masyarakat Tegalrejo dan pemerintah Kabupaten Magelang yang telah mendukung dan memberikan kesempatan bagi kami untuk turut ambil bagian dalam pembangunan masyarakat Tegalrejo, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di daerah ini,” ujar Mochtar Riady. (*)

Editor: Muhammad Fatoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved